Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2015, 13:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Hati yang gembira adalah obat. Hati yang senang dapat menjauhkan diri dari ketegangan dan stres. Sehingga, tubuh tak mudah sakit. Dunia medis mengakui, tawa yang berasal dari hati yang gembira memiliki banyak manfaat sehat. Ini dia beberapa di antaranya menurut Mayo Clinic:

Manfaat Jangka Pendek

1. Menstimulasi organ-organ tubuh. Tertawa bisa meningkatkan asupan oksigen, merangsang jantung, paru-paru dan otot, dan meningkatkan kadar hormon endorfin atau hormon kegembiraan.

2. Meredakan respon stres,  denyut jantung dan tekanan darah. Hasilnya? Perasaan santai dan tenang.

3. Menenangkan ketegangan otot. Tertawa juga dapat merangsang sirkulasi dan membantu relaksasi otot. Keduanya membantu mengurangi beberapa gejala fisik stres.

 

Manfaat Jangka Panjang

1. Meningkatkan daya tahan tubuh. Pikiran negatif dapat mengakifkan reaksi kimia, meningkatkan level stres yang akhirnya melemahkan sistem pertahanan tubuh. Sebaliknya, pikiran positif akan melepaskan hormon neuropeptida yang berfungsi menurunkan stres dan risko penyakit-penyakit serius.

2. Mengurangi rasa sakit. Tertawa dapat mengurangi rasa sakit dengan cara mendorong tubuh menghasilkan pereda sakit alami. Tertawa juga dapat memecah siklus kekejangan otot yang menyebabkan tubuh terasa linu.

3. Membantu mengatasi situasi sulit dan memermudah Anda menjalin hubungan dengan orang lain.

4. Meningkatkan suasana hati.Banyak orang mengalami depresi, misalnya karena sakit berat tau masalah ekonomi. Tertawa memang tidak bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut, tapi akan membuat hati Anda lebih ringan menjalani ujian hidup tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com