Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laser Picosure, Teknologi Terbaru Hapus Tato Cepat dan Aman

Kompas.com - 29/10/2015, 19:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk sebagian orang, tato tubuh adalah sebuah karya seni yang indah. Sehingga, mereka ingin melukis tubuh dengan gambar tertentu.  Namun, ada kalanya ketika tato sudah tergambar indah di tubuh, muncul penyesalan dan keinginan untuk menghapusnya. Salah satu alasan yang paling umum adalah karena alasan pekerjaan. Tidak semua perusahaan mengizinkan karyawannya bertato.

Tato sebenarnya bisa dihilangkan secara medis, salah satunya dengan teknologi laser. Bahkan, kini teknologi laser terbaru, yaitu laser Picosure memungkinkan menghilangkan tato dengan lebih cepat dan lebih aman, termasuk aman untuk berbagai warna kulit.

Menurut dr. Enrina Diah SpBP-RE yang juga owner Ultimo Aesthetic & Dental Center, teknologi laser Picosure adalah teknologi laser terbaru yang sangat aman bagi siapapun. Pasalnya, semakin gelap warna kulit akan semakin rentan komplikasi saat menggunakan perawatan laser. Komplikasi yang bisa terjadi diantaranya adalah luka bakar. Karena itu, biasanya perawatan laser pada seseorang berkulit gelap membutuhkan teknik yang berbeda.

“Dengan laser Picosure, selama kita menggunakannya dengan cara yang tepat maka akan sangat minim risiko komplikasi. Bahkan, laser Picosure ini juga aman bagi bayi, untuk menghilangkan tanda lahir yang mengganggu misalnya,” jelasnya dalam acara peluncuran laser Picosure di Ultimo Aesthetic & Dental Center, Jakarta beberapa waktu lalu.

Sedangkan, untuk proses menghilangkan tato, jika jenis laser lainnya memerlukan proses hingga 20 kali, dengan laser Picosure, tato bisa dihilangkan dalam waktu lebih singkat. Tapi, tentu tergantung dari ukuran tato. Tak hanya itu, waktu pemulihan setelah dilaser pun lebih cepat, dan hasilnya lebih maksimal.

Di kesempatan yang sama, Michael Byers, Regional Director Asia pacific Cynosure Inc, menyatakan bahwa laser Picosure mampu menghapus warna tinta tato yang sulit, seperti hijau dan biru.

“Jenis laser sebelumnya akan menghancurkan tinta tato dalam bentuk batuan-batuan kecil, sedangkan laser Picosure akan memecahnya menjadi serpihan-serpihan. Sehingga, hasil akhirnya lebih maksimal,” ungkapnya.

Selain dapat menghapus tato, laser Picosure juga dapat digunakan untuk perawatan berbagai masalah kulit seperti bekas jerawat, bintik hitam karena sinar matahari, mengecilkan pori-pori yang besar, menghilangkan stretch marks, hingga menghilangkan kerutan.

“Laser Picosure ini masih yang pertama di Indonesia. Begitupun di Singapura, baru ada satu alatnya. Kalau di dalam negeri sudah ada, enggak perlu lagi jauh-jauh ke luar negeri. Tarifnya memang tergantung dari masalah kulitnya. Tapi, sangat terjangkau kok,” ujar dr. Rina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com