Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Cara Sederhana Rampingkan Perut

Kompas.com - 30/10/2015, 09:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Tumpukan lemak perut terasa begitu menjengkelkan saat celana atau dress yang biasa Anda kenakan terasa semakin sempit. Menjalani diet atau memupuk niat untuk rutin berolahraga bisa menjadi jalan terbaik.


Sayangnya, sebagian orang merasa bahwa kedua cara tersebut ibarat sebuah “penyiksaan” kecil, karena membutuhkan pengorbanan seperti memangkas makanan favorit atau bangun lebih pagi untuk berolahraga.

Bila Anda sering terjebak dalam situasi di mana Anda ingin mendapati perut langsing, namun kesulitan untuk melakukan usaha tersebut, para ilmuwan baru saja menemukan cara yang lebih sederhana.

Dalam studi yang baru saja dipublikasikan dalam International Journal of Behavioral Medicine, ilmuwan mendapati, orang-orang yang sadar dan fokus pada apa yang sedang mereka kerjakan dan tidak membiarkan hal lain mengacaukan kegiatan tersebut, secara signifikan lebih mudah mengurangi lemak perut, ketimbang mereka yang tidak atau sulit fokus terhadap apa yang mereka kerjakan.

Untuk mendapatkan hasil tersebut, ilmuwan terlebih dahulu mengukur indeks massa tubuh dan jumlah lemak pinggul dan perut pada 394 responden pria dan wanita kelahiran tahun 1959-1974. Para ilmuwan memberi mereka 15 pertanyaan yang akan digunakan untuk mengukur tingkat kesadaran saat melakukan sesuatu.

Setelah itu, ilmuwan juga meneliti variabel gaya hidup lain, yaitu jenis kelamin, usia, dan kebiasaan merokok. Lalu hasil keseluruhan dikaitkan dengan jumlah lemak tubuh dan berat badan masing-masing responden.

Dengan kata lain, saat responden fokus terhadap apa yang mereka makan, bagaimana bentuk, warna, dan rasa makanan tersebut, dan menikmati setiap suapan serta gigitan, kebiasaan itu akan memudahkan mereka dalam menurunkan jumlah lemak di tubuh.

Pasalnya, fokus terhadap makanan akan membuat Anda cepat merasa puas dan mudah kenyang, sehingga mengurangi risiko makan terlalu banyak.

Walau diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendapati manfaat lain yang mungkin didapatkan, ilmuwan percaya bahwa berada di tingkat kesadaran yang tinggi saat makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

Jadi, makan di depan televisi, makan sambil bicara dengan rekan, makan di meja kerja seraya melanjutkan pekerjaan, dianggap sebagai kebiasaan yang bisa menyulitkan Anda dalam mengurangi jumlah lemak perut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com