Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Ingin Turunkan Berat Badan, Miliki 4 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 30/10/2015, 11:00 WIB
KOMPAS.com - Ada banyak tips dari orang di sekitar yang sering kita dengar untuk menurunkan berat badan. Mulai dari pantangan makan nasi hingga jenis olahraga tertentu yang diklaim efektif membakar lemak.

Mungkin salah satu dari tips tersebut bisa memberi hasil yang baik, tapi apakah semua layak dicoba? Jika Anda sedang ingin menurunkan berat badan, ada 4 kebiasaan yang sangat penting untuk dimiliki.

1. Ambil jeda
Apakah Anda belakangan ini sering stres? Stres memang tak mungkin dihindari, tapi sebenarnya banyak juga orang yang tidak sadar apa masalah utama penyebab stres mereka.

Stres sebenarnya bisa menggagalkan usaha kita untuk menurunkan bobot tubuh. Berada dalam kondisi rileks adalah hal yang kita butuhkan. Lakukan hal-hal yang membuat hati Anda rileks dan bahagia.

2. Lakukan latihan sebisa mungkin
Ada dua kesalahan pemahaman seputar olahraga untuk pelangsingan tubuh. Salah satunya adalah olahraga minimal harus dilakukan 30, 45, atau bahkan 60 menit, agar efektif. Yang lainnya adalah menyebut olahraga harus sebentar saja tapi intensitasnya tinggi.

Kedua teori itu sebenarnya tidak tepat. Mengadopsi kebiasaan untuk melakukan aktivitas fisik kapan pun di mana pun sangat penting. Hal kecil, seperti bersepeda keliling kompleks atau melakukan beberapa gerakan latihan beban di ruang tamu, jika sering dilakukan hasilnya tetap efektif.

3. Minum air putih
Minum cukup air akan mengurangi jumlah makanan yang kita asup. Dan tentunya jika jumlah kalori yang masuk lebih sedikit, kita pun akan turun berat badan.

Lebih dari itu, minum cukup air putih akan membuat kita tidak tergoda mengonsumsi minuman berkalori tinggi, seperti jus buah kemasan, soda, atau minuman kopi di gerai favorit.

4. Fokus pada apa yang dimakan
Taktik diet ketat dengan menghindari karbohidrat atau lemak, dan hanya mengasup buah dan sayuran saja, memang bisa menurunkan angka timbangan. Tapi biasanya cara ini tak bertahan lama.

Lebih baik fokus pada apa yang kita makan, bukan pada apa yang harus dihindari. Bangun kebiasaan makan yang sehat. Misalnya memperbanyak porsi sayuran di piring makanan kita, mengurangi porsi nasi sedikit demi sedikit.

Tubuh kita membutuhkan nutrisi dari berbagai jenis makanan. Dengan terbiasa mengonsumsi makanan yang bergizi, rasa ingin ngemil pun lama kelamaan berkurang. Kuncinya adalah hanya mengasup makanan yang berkualitas, misalnya memilih daging tanpa lemak, mengganti susu dengan yang rendah lemak, atau perlahan tidak lagi mengonsumsi gorengan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com