Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin "Sit Up" Tak Menjamin Perut Lebih Kencang

Kompas.com - 31/10/2015, 10:00 WIB
KOMPAS.com - Sit up memang menjadi latihan yang paling populer untuk melatih perut, termasuk program pembentukan perut sixpack.

Namun, hanya melakukan sit up terus-terusan belum tentu pahatan sixpack Anda muncul. Jika memang demikian, coba dengan variasi gerakan plank.

Plank menawarkan sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan. Selain simpel, gerakan latihan ini sangat menantang dan efektif melatih otot inti dan beberapa otot lain seperti bahu, dada, bicep, tricep, glutes, atau paha Anda.

Sebuah penelitian dari Pennsylvania State University mengatakan, melakukan latihan plank menyebabkan aktivasi otot sebanyak 20 persen lebih banyak daripada sit up.

Selain membantu program perut sixpack, plank juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh, fleksibilitas, serta keseimbangan tubuh. Karena bekerja pada otot punggung, dada, dan bahu, maka plank dapat membantu meningkatkan kekuatan otot inti Anda.

Beberapa jenis latihan plank yang dapat dilakukan antara lain one arm full plank (menempatkan satu tangan di belakang punggung), side plank, plank push and pull, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com