Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/10/2015, 17:00 WIB
KOMPAS.com - Secara motorik, anak laki-laki memang lebih aktif dan tangkas dalam hal gerakan motorik kasar. Ia lebih senang memanjat, melompat, berlari ke sana kemari. Sementara anak perempuan biasanya cenderung lebih kalem.

Namun demikian, sebetulnya hal ini tidak berpengaruh langsung pada kesiapan anak menulis nantinya serta hasil tulisannya kelak. Sebab, banyak orangtua yang berkata, anak perempuan lebih cepat menulis dan hasil tulisannya lebih bagus. Padahal, belum ada penelitian yang mendukung pernyataan ini.

Ketahuilah keterampilan tangan anak, baik laki-laki mau pun perempuan, sama-sama bisa terasah dengan baik, selama orangtua mau dan tekun menstimulasi keterampilan motorik halusnya.

Memang, pada akhirnya penguasaan anak terhadap pre-writing skill akan berbeda-beda dan tak bisa serta merta disamakan atau dibandingkan. Jadi bukan karena jenis kelamin.

Pre-writing skill adalah keterampilan dasar yang perlu dikuasai seorang anak sebelum ia mampu menulis. Keterampilan ini nantinya akan berkontribusi besar pada kemampuan anak dalam menggenggam dan menggunakan pensil, menggambar, menulis, meniru bentuk, dan mewarnai.

Jika keterampilan ini tak berkembang dengan baik, saat belajar menulis nantinya anak akan menemui kesulitan. Salah satu cara untuk melatih anak adalah dengan bermain, terutama yang mengasah keterampilan tangannya.

Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama anak misalnya menggambar pada permukaan vertikal, mencontohkan anak cara menggenggam krayon, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com