Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Pekerjaan Rumah Tangga Bikin Kehidupan Seks Pria Lebih Baik

Kompas.com - 04/11/2015, 21:01 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Ingin lebih mesra dengan pasangan? Jika Anda adalah pria, mungkin ini saatnya untuk mulai turun tangan membantu pekerjaan rumah tangga. Pasalnya, sebuah studi yang belum lama dilakukan di Jerman mengungkapkan, pria yang memberikan kontribusi terhadap pekerjaan rumah tangga lebih sering merasa nyaman dan puas terhadap kehidupan seks bersama pasangan mereka.

Hasil tersebut berhasil mematahkan isi sebuah studi di Amerika tahun 2012 yang mengungkap bahwa pria yang ikut mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, memasak, dan mencuci baju, memiliki kehidupan seks yang kurang memuaskan dengan pasangannya.

Menurut peneliti Dr Matt Johnson, profesor ekologi keluarga dari departmen ekologi manusia di University of Alberta, studi sebelumnya terdengar kurang pas dan kurang relevan. Johnson lantas menganalisa data dari studi selama lima tahun yang dilakukan kepada 1.338 pasangan di Jerman untuk memeriksa apakah pekerjaan rumah tangga yang dilakukan oleh pria memengaruhi kehidupan seks mereka.


Nyatanya, dia tidak menemukan adanya dampak negatif dari pekerjaan rumah tangga terhadap kehidupan seks para pasangan.

Malah, saat pria merasa pembagian tugas rumah tangga tersebut cukup adil, maka pasangan tersebut kemungkinan besar akan terlibat dalam hubungan seks yang lebih memuaskan. Walau begitu, Johnson tak menapik perbedaan budaya, bahwa Jerman masih menganut budaya yang lebih tradisional ketimbang Amerika, di mana para pria cenderung masih jarang melakukan pekerjaan rumah tangga.

“Memang ada perbedaan budaya. Namun secara logika, pasangan Jerman yang cenderung masih menganut budaya tradisional saja tidak ada masalah saat sang pria melakukan pekerjaan rumah tangga. Apalagi bagi pasangan yang menganut budaya lebih modern,” jelas Johnson.

Ia menambahkan, penemuan ini cukup penting bagi pasangan yang ingin mempertahankan keintiman sambil menyeimbangkan tuntutan hidup sehari-hari, terutama pasangan muda. “Ketimbang menghindari pekerjaan rumah tangga, melakukan pekerjaan rumah tangga sesuai dengan bagian, akan membuat masing-masing pihak merasa saling melengkapi. Sehingga, kehidupan seksual dalam berpasangan akan menjadi lebih baik," kata Johnson

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com