Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Cepat Lebih Efektif ketimbang ke "Gym"?

Kompas.com - 05/11/2015, 10:50 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com — Jalan cepat dinilai lebih efektif dalam menjaga berat badan ketimbang pergi ke gym atau mengerjakan pekerjaan rumah yang berat. Begitulah hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari London School of Economics.

Wanita di segala usia dan pria berusia 50 tahun ke atas yang secara teratur melakukan jalan cepat lebih dari 30 menit berhasil menurunkan berat badan lebih banyak ketimbang mereka yang melakukan aktivitas lebih berat, seperti jogging atau bersepeda.

Bila jalan cepat dijadikan sebuah cara dalam menurunkan berat badan, mereka yang rutin melakukannya hampir setiap hari kemungkinan besar memiliki indeks BMI yang lebih rendah serta ukuran pinggang yang lebih kecil ketimbang melakukan jenis olahraga lain.

Untuk mendapatkan kesimpulan itu, Dr Grace Lordan, yang merupakan pemimpin penelitian, telah membandingkan orang-orang yang secara rutin berjalan cepat selama satu setengah jam dengan mereka yang melakukan pekerjaan rumah berat, olahraga di gym, ataupun olahraga rugbi dengan waktu yang sama.

Setelah itu, Lordan dan tim mengamati lingkar pinggang dan BMI para responden. Hasilnya, baik pria maupun wanita yang teratur berjalan cepat berhasil menurunkan lingkar pinggang lebih banyak dan BMI yang lebih rendah.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Risk Analysis tersebut juga menjadi kampanye bahwa jalan sehat bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi obesitas di masyarakat. Di Inggris saja, ada 32 juta orang dewasa yang mengalami kelebihan berat badan. Bahkan sekitar 12,5 juta di antaranya telah mengalami obesitas.

“Berjalan cepat menjadi pilihan yang mudah dan murah. Tak ada biaya yang perlu dikeluarkan, padahal manfaatnya sangat besar. Sehingga pemikiran bahwa ‘setiap langkah begitu penting’ bisa menjadi awal yang baik untuk menghindari risiko obesitas dan meningkatkan kesehatan hidup,” lanjut Lordan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com