Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Ini Lahirkan Bayi "Raksasa" Seberat 6,7 Kilogram

Kompas.com - 10/11/2015, 12:29 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com — Firdous Khatun (36), seorang wanita di India, melahirkan bayi "raksasa" dengan berat lahir 6,7 kilogram (kg). Bayi laki-lakinya ini diperkirakan menjadi bayi terbesar yang lahir di India.

Khatun pun mengejutkan para petugas medis di Raja Ram Hospital Kalawati, Orai, Uttar Pradesh. Ia dapat melahirkan bayi "raksasa" itu dengan proses persalinan normal dan hanya 15 menit.

Bayi laki-laki itu adalah anak ke-9 Khatun. Sebelumnya, Khatun selalu melahirkan delapan anaknya di rumah. Akan tetapi, kali ini, suami Khatun, Kadir Raza (40), memutuskan untuk membawa istrinya melahirkan di rumah sakit karena bayi dalam kandungan sangat besar. Bayi sebelumnya yang dilahirkan Khatun juga secara normal dengan berat lahir 3,6 kg.

Dokter menyebut kejadian ini adalah suatu keajaiban. Sebab, Khatun juga tidak memiliki diabetes, yang merupakan salah satu faktor risiko lahirnya anak dengan berat badan berlebih. Saat hamil, berat badan Khatun 77,5 kg.

"Dia adalah bayi ajaib. Selama 21 tahun pengalaman saya menjadi dokter, saya belum pernah melihat bayi baru lahir sebesar ini," ujar dokter Anjana Gupta seperti dikutip dari Dailymail.co.uk.

Para dokter tak habis pikir Khatun bisa melahirkan dengan lancar dan cepat meski bayinya berukuran sangat besar. Saking besarnya, bayi Khatun tidak pas dalam genggaman tangan dokter Anjana. Menurut Anjana, suatu keajaiban pula bayi itu bisa lahir dengan sehat meski sebelumnya sempat memiliki masalah pernapasan.

"Kami tidak tahu mengapa bayi yang lahir begitu besar, tetapi sehat saja dan semua parameternya baik-baik saja," kata Anjana.

Bayi "raksasa" itu saat ini telah dirujuk ke Unit Perawatan Anak di RS Vatsalya untuk dipantau kembali perkembangannya. Khatun memecahkan rekor bayi terbesar di India setelah Goga Bai dari Rajasthan yang melahirkan bayi dengan berat lahir 6 kg pada bulan lalu. Goga Bai melahirkan dengan operasi caesar dan menurut dokter kelahiran itu ialah karena ibunya mengidap diabetes.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com