Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Gigi Kecil Bantu Sebarkan "Virus" Gigi Sehat

Kompas.com - 20/11/2015, 19:03 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) kolaborasi antara Unilever melalui brand Pepsodent dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) kembali hadir untuk keenam kalinya di tahun 2015 ini.

Tujuan utamanya adalah untuk mengedukasi serta membiasakan masyarakat Indonesia merawat  kesehatan gigi serta memeriksakan diri ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali.

Untuk tahun ini, dari 25 PDGI cabang dan 20 Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) yang tersebar di 14 kota di seluruh Indonesia ditargetkan dapat menjangkau 1000 orang di setiap FKG, salah satunya fakultas Kedokteran Gigi Universitas Maranatha, Bandung.

Menurut drg. Winny Suwindere, MS., dekan Fakultas Kedokteran Gigi universitas Kristen Maranatha, hingga tahun ini FKG Universitas Maranatha sudah memiliki 9 Sekolah Dasar binaan. Ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan misi dari Kemenkes RI, anak Indonesia bebas karies pada 2030.

“Program ini memang sangat berperan dalam menurunkan indeks kerusakan gigi pada anak, sebagai upaya preventif. Karena, dari hasil penelitian kami pada kesembilan SD tersebut, presentasi karies mencapai 93,8%, itu artinya dari 100 anak hanya 5 anak yang bebas karies,”ujarnya dalam acara BKGN di FKG Universitas Maranatha yang berlangsung tanggal 19-21 November 2015.

Salah satu program BKGN yang dilakukan di sembilan SD binaan adalah pemilihan dokter gigi kecil untuk menjadi perwakilan setiap sekolah. Para dokter gigi kecil ini, diajarkan tentang dasar-dasar kesehatan gigi, yang nantinya bisa dilanjutkan untuk disampaikan kepada teman-temannya di sekolah dan di lingkungan sekitarnya.

Drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care PT. Unilever Indonesia Tbk., menjelaskan bahwa para dokter gigi kecil diberi lembar balik untuk mengetahui anatomi gigi, proses gigi berlubang, makanan dan minuman apa saja yang baik untuk kesehatan gigi, anjuran ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali, serta bagaimana menyikat gigi yang benar sesuai dengan anatomi gigi.

“Selain itu, para dokter gigi kecil ini juga harus berjanji untuk menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pagi setelah makan dan malam sebelum tidur, serta mereka harus mengajak orangtuanya untuk ikut melakukan hal yang sama. Kami percaya bahwa anak-anak bisa menjadi agen perubahan,” ujar drg. Ratu.

Drg. Ratu mengakui, lima tahun penyelenggaraan BKGN sendiri telah berhasil menjangkau dan mengedukasi 155.451 orang yang tersebar di wilayah Indonesia.

Diharapkan dengan komitmen bersama, akan menjangkau lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang mendapatkan perawatan kesehatan gigi gratis dan teredukasi tentang cara merawat kesehatan gigi dan mulut yang benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com