Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuci Seprei Seminggu Sekali Penting untuk Kesehatan

Kompas.com - 22/11/2015, 18:41 WIB

KOMPAS.com - Mencuci seprai selain untuk menjaga kebersihan juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Profesor Marilyn Roberts dari University of Washington menyatakan kepada Yahoo, bahwa kita harus mencuci seprai seminggu sekali.

 

“Itu pun jika memang tidak ada sekresi tubuh atau faktor risiko potensial lainnya,” ujar Roberts. Jika sudah ditemukan noda kotor di seprai, entah apa pun itu, disarankan untuk segera mencucinya. Karena, ada beragam bahaya mengintai di balik kotoran-kotoran tersebut.

 

Misalnya saja jika kita berkeringat saat tidur, maka bukan tak mungkin kita telah mengubah seprai menjadi lebih hangat dan lembab, sebuah lingkungan ideal untuk tumbuhnya bakteri. Yahoo melaporkan, beberapa infeksi kulit dapat melompat dari orang ke seprai, kemudian kembali ke orang.

 

Good Housekeeping juga menyarankan untuk mencuci seprai seminggu sekali, maksimal dua minggu sekali, karena semua kuman, keringat, dan minyak tubuh yang menumpuk.

 

Roberts mengatakan orang yang mengalami obesitas, perenang, atau orang tua- serta orang lain yang lebih rentan terhadap infeksi kulit harus memberi perhatian lebih pada kebersihan seprai mereka.

 

Dan, tentu saja, hewan peliharaan. Bahkan, hewan peliharaan yang sudah dimandikan dengan bersih, tetap tidak membuat seprai lebih bersih.

 

"Hewan tetaplah hewan, mereka harus memiliki tempat tidur mereka sendiri, karena mereka dapat menjadi reservoir untuk penyakit manusia."

 

GQ bahkan membuat peraturan yang lebih ketat untuk mencuci seprai seminggu sekali dengan alasan "tidak ada gunanya rajin mencuci pakaian, jika Anda kembali tidur di lembar kotor di akhir hari."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com