Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/11/2015, 19:51 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Ketika Anda berada di luar pada hari yang dingin, kemungkinan Anda akan merasakan jari-jari Anda ikut menjadi dingin. Ini hal yang normal.

"Jari Anda menjadi lebih dingin dari bagian tubuh yang lain, karena tubuh mengirimkan lebih banyak darah dan panas ke organ-organ vital tubuh seperti jantung, otak, dan paru-paru,"  kata David A. Friedman, MD, seorang ahli jantung di North Shore-LIJ Health System di Great Neck, New York.

Namun, jika jari-jari Anda selalu dingin bahkan di tempat yang hangat sekalipun, mungkin itu adalah tanda gangguan kesehatan yang lebih serius. Berikut adalah beberapa penyebab mengapa jari-jemari Anda selalu dingin.

 

1. Raynaud

"Raynaud adalah kondisi saat ujung pembuluh darah mengecil di jari dan kadang di telinga dan hidung sebagai respon terhadap cuaca dingin atau stres," jelas Orrin Troum, MD, seorang reumatologi di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica.

Raynaud menyebabkan jari memutih lalu membiru, karena sedikit atau tidak ada darah yang mengalir ke arah jari.  Seringkali, jari-jemari menjadi dingin dan mati rasa karenanya.

Kabar baiknya, Raynaud seringkali tidak berbahaya. Gunakan sarung tangan saat cuaca dingin dan hindari tekanan emosional yang berlebih untuk mencegahnya.

 

2. Penyakit autoimun

Kadang-kadang, Raynaud bisa dipicu oleh penyakit autoimun seperti lupus, gangguan di mana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sendiri, skleroderma atau penyakit yang menyebabkan pengerasan dan jaringan parut pada kulit dan jaringan ikat, rheumatoid arthritis, dan gangguan autoimun lainnya. 

Raynaud yang disebabkan oleh penyakit autoimun dikenal sebagai Raynaud sekunder. Jika pemicu asli sudah bisa ditangani, gejala  Raynaud akan hilang dengan sendirinya.

 

3. Hipotiroid

Jari-jari menjadi dingin adalah hal yang tidak biasa pada kondisi hipotiroid, tapi bukan berarti tidak ada. "Pada dasarnya tiroid adalah termostat bagi tubuh," kata Ali Ajam, MD, seorang reumatologis di Ohio State University Wexner Medical Center.

"Ketika tiroid kurang aktif, sebagian besar fungsi tubuh melambat dan timbullah gejala seperti kelelahan, sembelit, berat badan bermasalah dan kedinginan, termasuk di bagian jari," katanya. Umumnya, penderita masalah tiroid adalah wanita dan orang  di atas usia 50 tahun.

 

4. Masalah sirkulasi darah

Mungkin, ini yang paling banyak orang sangka terjadi ketika jari-jemari terasa dingin. Memang benar, sirkulasi darah yang buruk bisa menyebabkan jari menjadi dingin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com