Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/11/2015, 14:21 WIB
KOMPAS.com - Penyakit pneumonia atau radang paru sebenarnya bisa dicegah dan diobati. Tetapi, di Indonesia penyakit ini masih menjadi penyebab kematian balita terbesar kedua setelah diare.

Kuman penyebab pneumonia, yakni bakteri Streptococcus pneumoniae menular melalui percikan air liur, batuk, atau udara yang mengandung kuman.

Jika tidak segera mendapat penanganan, pneumonia bisa menyebabkan komplikasi serius, termasuk kematian pada balita.

Untuk mencegah penularan, mengajarkan agar anak selalu mencuci tangan sebelum makan dan menjaga kecukupan gizi agar daya tahan tubuh anak kuat sangatlah penting.

Imunisasi juga perlu diberikan. Manfaat vaksin tersebut adalah menurunkan risiko penularan kuman Streptococcus pneumoniae. Selain menyebabkan pneumonia, kuman ini juga bisa menimbulkan penyakit lain seperti meningitis dan penyakit yang relatif lebih ringan, misalnya sinusitis atau radang telinga.

Vaksin untuk pneumonia antara lain pneumococcal conjugate vaccine (PCV). Namun sayangnya harga vaksin ini relatif mahal sehingga belum bisa menjangkau semua lapisan masyarakat.

Pemerintah memang telah meluncurkan vaksin Pentavalen yang merupakan kombinasi untuk mencegah difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan Hib.

Harga vaksin Pentavalen buatan Bio Farma ini relatif murah, bahkan di Puskesmas bisa didapatkan gratis.

Tetapi, menurut Dr.Maria Guevara, perwakilan Meiecins Sans Frontieres (Dokter Lintas Batas) untuk wilayah ASEAN, vaksin ini tidak melindungi dari pneumonia.

"Hib tidak melindungi dari bakteri streptococcus yang merupakan penyebab pneumonia," katanya.

Selain bayi dan balita, orang lanjut usia sebagai kelompok yang rentan juga perlu mendapatkan vaksin PVC.

Meski sudah ada vaksin khusus untuk pneumonia, namun menurut dr.Rifan Fauzi, Sp.A, orangtua tetap harus memberikan vaksin lain untuk anak.

"Jangan lupakan imunisasi dasar untuk anak seperti pertusis atau campak. Jika anak terjangkit pertusis bisa juga terkena pneumonia. Penyakit campak juga bisa membuat daya tahan tubuh anak sangat rendah sehingga berpotensi terkena infeksi sekunder seperti pneumonia," ujar Rifan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com