Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Berdiri Lama untuk Mengajar? Ini Tip Sehat untuk para Guru

Kompas.com - 25/11/2015, 14:51 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Berdiri  adalah postur alami manusia dan dengan sendirinya tidak menimbulkan bahaya kesehatan tertentu.

Namun, berdiri dalam waktu lama dapat menyebabkan kaki menjadi sakit, bengkak, varises, lelah otot,  nyeri punggung, kaku pada leher dan bahu, dan masalah kesehatan lainnya.  Ini adalah keluhan umum di antara para pekerja yang karena tuntutan profesinya harus berdiri lama, misalnya seorang guru.

Masalah kesehatan akan bertambah parah jika dalam pekerjaannya, guru harus mengambil posisi yang di luar keharusan anatomi tubuh, misalnya letak papan tulis terlalu tinggi atau rendah atau ruang depan kelas terlalu sempit bagi guru untuk berjalan-jalan sembari melemaskan otot-otot kakinya.

Efek berdiri lama

Menjaga tubuh dalam posisi tegak saat berdiri, membutuhkan kerja otot yang cukup banyak. Hal ini akan mengurangi suplai darah ke jaringan otot.

Kurangnya aliran darah, akan mempercepat timbulnya rasa lelah dan kekakuan otot di area kaki, punggung serta leher.

Selain itu, berdiri berjam-jam tanpa ada jeda istirahat dapat menyebabkan darah berkumpul di kaki yang bisa berujung pada radang pembuluh darah. Peradangan ini dapat berkembang dari waktu ke waktu menjadi varises kronis yang menyakitkan.

Berdiri berlebihan juga menyebabkan sendi di tulang belakang, pinggul, lutut dan kaki terkunci untuk sementara waktu.  

Imobilitas ini nantinya, bisa menyebabkan penyakit rematik akibat kerusakan degeneratif pada tendon dan ligamen.

Pekerja yang harus berdiri lama, karena tuntutan profesinya tidak dianjurkan untuk menggerakkan otot di luar batas kenyamanannya. Juga tidak disarankan, untuk mengambil sesuatu yang terletak di belakang dengan cara memutar tubuhnya.

Jika Anda harus mengambil sesuatu yang ada di belakang Anda, balikkan seluruh tubuh termasuk kaki, sehingga Anda berhadapan dengan benda itu, barulah Anda boleh mengambilnya.

Jika kaki sudah terasa pegal, berjalanlah perlahan-lahan untuk melemaskan otot. Lebih baik lagi, Anda segera duduk dengan kaki diluruskan di bawah meja.

Canadian Centre for Occupational Health and Safety juga menyarankan Anda untuk memerhatikan alas kaki seperti berikut ini:

1. Pilih alas kaki yang paling nyaman dan ukurannya pas, tidak terlalu besar juga tidak terlalu sempit.

2. Jangan memakai alas kaki yang terlalu sempit di bagian ujungnya, sehingga jari-jari kaki Anda tidak leluasa bergerak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com