Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2015, 11:36 WIB
KOMPAS.com - Ada banyak alasan mengapa kita merasa mual, dan minum cairan adalah cara tercepat untuk mengatasinya.

Berbagai bagian tubuh bisa terlibat pada timbulnya rasa mual. Menurut dr.Lawrance Szarka, ahli gastroenterologi (pencernaan), bagian telinga dalam, lambung, hidung, atau darah, bisa mengirim sinyal ke otak bahwa ada sesuatu yang tertelan dan dampaknya buruk.

"Para ahli percaya bahwa rasa mual adalah adaptasi evolusi untuk mengeluarkan makanan yang busuk atau beracun," kata Szarka.

Rasa mual bisa disebabkan oleh keracunan makanan atau pun kelebihan mengasup makanan berlemak, alkohol, atau kafein.

"Bahkan bau yang busuk juga bisa membuat perut tidak enak," katanya.

Sakit karena naik kendaraan (motion sickness) juga jadi penyebab umum mual, walau penyebabnya belum diketahui. "Tapi ini ada kaitannya antara ketidaksesuaian antara sinyal dari gerakan yang berasal dari mata dan telinga bagian dalam," paparnya.

Obati dengan cairan

Salah satu cara mengatasi mual adalah dengan mengasup minuman tertentu. Ada yang merasa lebih enak setelah mengasup minuman jahe, soda, atau air kelapa.

Sulit menentukan mana yang paling efektif, tapi dengarkan saja sinyal tubuh.

"Tubuh kita sangat baik dalam memberitahu apa yang kita butuhkan, dan kebanyakan orang yang merasa mual sudah lebih baik setelah minum air putih," katanya.

Minuman mengandung gula dan soda terkadang mengatasi mual lebih baik daripada air putih.

"Karbonasi bisa menurunkan keasaman dalam lambung, sehingga rasa mual berkurang," kata Szarka.

Minuman cola juga memiliki kandungan asam phosphoric yang ditemukan dalam obat antimual yang dijual bebas.

Selain itu, minuman lain yang juga dipercaya efektif adalah minuman teh jahe. Tetapi minuman jahe kemasan terkadang hanya mengandung perasa jahe, sehingga zat yang menghilangkan mual sebenarnya adalah gula atau karbonasi.

Penelitian menunjukkan, air kelapa sama bagusnya dengan minuman olahraga dalam hal mengganti cairan yang hilang setelah berolahraga dan juga mengurangi rasa mual.

"Hindari minuman alkohol dan kafein saat sedang mual. Konsumsi saja apa yang rasanya nyaman di perut. Terkadang, hal sederhana adalah pilihan terbaik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com