Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2015, 07:45 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Para pujangga berkata, tidak ada hal yang lebih indah di dunia ini jika dibandingkan dengan indahnya perasaan seseorang yang sedang jatuh cinta.

Mungkin ini benar, tapi yang jelas, para pakar kesehatan tahu bahwa jatuh cinta dapat memengaruhi kesehatan seseorang dengan cara yang positif. Inilah lima alasan sehat untuk Anda jatuh cinta dan memelihara kehidupan cinta Anda dengan si dia.

 

1. Menyehatkan jantung

Mungkin ini sebabnya, mengapa cinta sering digambarkan dalam bentuk mirip jantung dan kita menyebut orang yang kita cintai dengan istilah 'jantung hatiku'.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Pittsburgh menemukan, wanita yang berbahagia dalam kehidupan pernikahannya memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) dibanding yang merana di dalam kehidupan pernikahannya.

Para ahli percaya, ini ada kaitannya dengan tingkat stres. Seperti yang sudah Anda tahu, stres dapat menaikkan tekanan darah dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Penelitian lain di Amerika Serikat menyebutkan, mereka yag bahagia dengan pasangannya, tiga kali lebih mungkin selamat dalam operasi bedah jantung.

Para peneliti juga menemukan, tingkat kolesterol orang yang bahagia karena cinta lebih rendah daripada yang tidak punya atau tidak bahagia dengan percintaannya.

 

2. Meningkatkan kesehatan mental

Ingin mencegah perasaan kesepian? Jatuh cintalah. Penelitian di Selandia Baru menunjukkan, bahwa orang-orang yang memiliki hubungan jangka panjang lebih dari lima tahun dengan orang yang mereka cintai, memiliki risiko lebih rendah mengalami depresi.

Para ahli percaya bahwa perasaan ditemani dan terkoneksi dengan orang lain dapat membantu menangkal perasaan kesepian dan terisolasi yang menjadi salah satu penyebab depresi.

 

3. Menurunkan tekanan darah

Pelukan yang lama dengan pasangan Anda diikuti dengan pembicaraan mesra selama 10 menit sudah terbukti dapat menurunkan tingkat tekanan darah.

Ditambah lagi, memperbanyak produksi hormon oksitosin atau hormon yang membuat Anda merasa nyaman dan santai, demikian menurut sebuah penelitian di Amerika Serikat.

 

4. Bikin awet muda

Cinta dan seks dapat membuat penampilan Anda terlihat lebih muda. Penelitian di Skotlandia menunjukkan, bahwa wanita yang berhubungan seks empat kali atau lebih dalam seminggu dengan pasangannya, terlihat 10 tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Seks dan cinta tidak hanya memiliki manfaat fisik dan emosional yang menakjubkan, tapi juga mampu menstimulasi berbagai hormon yang membuat Anda terlihat ceria dan bahagia.

 

5. Membantu memerangi kanker ovarium

Penelitian telah menunjukkan, bahwa pasien kanker ovarium yang memiliki  hubungan yang dekat dan memuaskan dengan orang lain memiliki aktivitas sel sehat yang lebih kuat di lokasi tumor, dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki ikatan sosial apapun. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com