Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2015, 09:03 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Anda bisa memakai sampo, pelembab dan segala macam produk perawatan berharga mahal untuk mendapatkan rambut yang nampak berkilau. Namun, untuk mendapat rambut sehat yang sesungguhnya, hanya bisa Anda dapat dari dalam yaitu dari apa yang Anda asup setiap hari.

Pakar mengatakan, pola makan yang seimbang dan sehat adalah awal rambut yang kuat dan berkilau.

"Jika Anda kekurangan nutrisi,  rambut akan rapuh atau rontok, Tapi pola makan yang seimbang dan sehat akan memberikan semua nutrisi yang Anda butuhkan untuk rambut yang sehat," kata Ana-Kristina Skrapac, ahli gizi dan juru bicara British Dietetic Association (BDA). Inilah zat gizi yang Anda perlukan untuk mendapat rambut impian Anda.

 

1. Protein

Protein adalah nutrisi terpenting untuk rambut sehat. "Apa yang Anda makan akan memberi perbedaan besar terhadap kulit dan rambut," kata ahli diet yang juga juru bicara BDA, Priya Tew.

Protein khusus untuk rambut Anda, namanya keratin. Keratin inilah yang bertanggungjawab terhadap kekuatan dan fleksibilitas rambut.

Untuk mencukupi kebutuhan keratin, Anda perlu mengonsumsi: Ikan laut, telur, daging ayam, dan kedelai.

Kacang-kacangan adalah protein juga, tapi padukan dengan makanan bertepung seperti gandum, beras, atau jagung untuk memastikan kecukupan asam amino untuk produksi keratin bagi rambut Anda.

Jika Anda tidak makan daging, pastikan Anda memiliki berbagai sumber protein yang berbeda, sehingga mendapatkan banyak asam amino yang Anda butuhkan," kata Priya.

 

2. Karbohidrat

"Karbohidrat adalah nutrisi penting untuk rambut," kata Marilyn Sherlock, komisaris Institute of Trichologists. "Orang yang kekurangan karbohidrat dapat mengalami kerontokan rambut dalam waktu tiga bulan. Atau, rambut Anda akan terlihat kusam"

Konsumsilah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, beras merah, pasta gandum atau sereal.

 

3. Zat besi

Ini adalah minerap penting untuk rambut. Pola makan kaya zat besi akan cukup untuk memastikan simpanan zat besi Anda selalu 'penuh'. Tapi, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia yang akan membuat Anda kehilangan helai demi helai rambut.

Zat besi bisa Anda dapatkan di sayuran berwarna hijau tua,  minyak ikan dan kuning telur.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com