Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2015, 10:54 WIB
KOMPAS.com - Seperti setiap orangtua baru lainnya, pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya atas kelahiran putri pertamanya, Maxima Chan Zuckeberg yang memiliki panggilan Max.

"Saya bersama Priscilla sangat berbahagia menyambut kelahiran putri pertama kami!" tulis Zuckerberg dalam halaman Facebook pribadinya.

Kepada putrinya, Zuckerberg juga menulis surat terbuka. Dalam suratnya itu, ia berharap Max akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan berbahagia agar bisa mengeksplorasi dunia.

"Seperti semua orangtua, kami berharap kamu akan tumbuh dalam dunia yang lebih baik dari hari ini," katanya.

Meski saat ini berita-berita di media banyak menayangkan bencana, peperangan, atau ekonomi yang lesu, namun Zuck meyakinkan putrinya bahwa dunia bergerak ke arah yang lebih baik.

"Kesehatan semakin baik, kemiskinan mengecil, pengetahuan berkembang, dan orang semakin terhubung," katanya.

Zuck juga berjanji ia dan Priscilla, ibu Max, akan ambil bagian untuk menciptakan dunia yang lebih baik karena sebagai orangtua ia punya kewajiban moral pada semua anak generasi mendatang.

Ia juga mencontohkan kemajuan yang dimiliki dunia dalam bidang penyakit. "Saat ini para ahli menginvestasikan waktunya 50 kali lebih banyak dalam riset untuk pencegahan penyakit," tulisnya.

Pengobatan telah menjelma menjadi science yang nyata kurang dari 100 tahun dan semakin banyak penyakit yang bisa disembuhkan, sementara penyakit lain menunjukkan perbaikan ke arah positif.

"Seiring dengan kemajuan teknologi, kita bisa mencegah, mengobati, atau menangani penyakit dalam 100 tahun ke depan," kata Zuck optimis.

Ia menambahkan, saat ini ada 5 penyebab kematian utama, yakni penyakit jantung, kanker, stroke, gangguan saraf, dan penyakit infeksi. "Kita bisa membuat kemajuan yang lebih cepat pada bidang ini dan masalah lainnya," katanya.

Zuck juga berharap anak-anak di generasi mendatang tidak perlu menderita oleh penyakit, dan orangtua di masa ini memiliki tanggung jawab untuk mewujudkannya. "Ibumu dan aku akan ambil bagian," tulisnya.

Menemukan obat untuk semua penyakit diakui Zuck memang butuh waktu, tapi ia optimis dalam waktu 5-10 tahun lagi akan ada kemajuan besar.

"Dalam jangka panjang, bibit yang ditanam hari ini akan tumbuh, dan suatu hari nanti, kamu dan anakmu akan melihat apa yang saat ini hanya bisa kami bayangkan, dunia tanpa penderitaan akibat penyakit," tulisnya.

Zuck meyakini ada banyak kesempatan untuk melakukannya jika masyarakat fokus pada hal ini. "Kami akan meninggalkan dunia yang lebih baik pada generasimu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com