Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2015, 19:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Hampir setengah penduduk dunia dinilai pernah mengalami insomnia atau gangguan tidur dalam hidup mereka. Baik yang menetap maupun yang timbul-tenggelam akibat gaya hidup maupun tekanan hidup yang menimbulkan stres.

Para peneliti sudah membeberkan beragam cara untuk mengatasinya, namun tak semua cara efektif bagi tiap orang. Nah, bila Anda belum juga menemukan solusi untuk mengurangi gangguan tidur, cara baru ini bisa dicoba.

Teh chamomile memang berkhasiat sebagai pengantar tidur yang baik, namun biarkan minuman yang satu ini beristirahat.

Sebab, penelitian yang dipresentasikan dalam agenda Experimental Biology menemukan, minum jus ceri dua kali sehari dapat membantu Anda tidur 90 menit lebih lama setiap malam. Sehingga dinilai mampu menjadi solusi dalam mengatasi masalah kurang tidur.

Para peneliti dari Louisiana State University telah menganalisa tujuh orang dewasa dengan insomnia akut. Mereka diminta untuk meminum 8 ons jus ceri dua kali sehari selama dua minggu.

Lalu dua minggu kemudian mereka tak diberi jus sama sekali. Dan dua minggu selanjutnya mereka diminta untuk meminum minuman plasebo.

Dibandingkan dengan plasebo, minum jus ceri membuat responden tidur 84 menit lebih lama setiap malam.

Jus ceri merupakan sumber alami dari hormon melatonin (bertugas memberi rasa kantuk) dan siklus asam amino triptofan, kata penulis studi Frank L. Greenway yang berprofesi sebagai direktur klinik rawat jalan di Pennington Biomedical Research Center di LSU.

"Proanthocyanidins atau ruby pigmen merah dalam jus ceri, mengandung enzim yang bisa mengurangi peradangan dan mengurangi kerusakan triptofan dalam tubuh,” lanjutnya.

Greenway memperkirakan, sekitar setengah dari orang dewasa Amerika di atas usia 65 memiliki insomnia, yang didefinisikan sebagai kesulitan tidur lebih dari tiga malam per minggu.

Ia percaya jus ceri adalah cara aman untuk meningkatkan kualitas tidur ketimbang obat-obatan, mengingat tak adanya efek samping.

"Pemberian obat tidur pada orang tua berpotensi meningkatkan risiko kesehatan, yaitu kemungkinan tak sadar diri, terjatuh yang akhirnya menyebabkan patah tulang dan memerlukan operasi," ia menjelaskan.

Bukan penggemar jus ceri? Anda juga bisa mencoba kiwi. Makan dua buah kiwi satu jam sebelum tidur ditunjukkan untuk meningkatkan waktu tidur sebesar 13 persen dan menurunkan kemungkinan terbangun di tengah malam sebesar 29 persen setelah mengonsumsi rutin selama 4 minggu.

Atau suguhkan saja rumput laut ke makan malam Anda. Sayuran laut yang tinggi omega-3 DHA dinilai mampu membantu anak-anak mendapatkan tambahan jam tidur, menurut University of Oxford.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com