Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2015, 19:45 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Warna bibir vagina atau daerah selangkangan sering kali baru menjadi perhatian wanita saat berhubungan seksual. Meski bagian kulit lainnya terlihat cerah, bagian bibir vagina belum tentu demikian. Lalu, apa penyebab bibir vagina berwarna gelap?

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Yeni Dhana Sari, mengatakan, ada berbagai faktor yang menyebabkan daerah organ intim wanita itu berwarna gelap. "Bisa karena jamur. Area vaginanya tidak bersih. Jadi, warnanya tidak cerah," ujar Yeni dalam acara Healthtalk di Ciputra Medical Center, Lottte Shopping Avenue, Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Selain itu, sering menggunakan celana terlalu ketat juga menjadi salah satu penyebabnya. Daerah organ intim menjadi lembab dan tidak mendapat udara. Faktor lainnya, lanjut Yeni, adalah perubahan hormonal pada wanita.

Yang terpenting adalah menjaga kebersihan organ intim wanita. Bagian tersebut tak perlu sering dibersihkan menggunakan sabun. Ini terutama jika sabun tersebut mengandung bahan kimia tinggi.

Namun, jangan khawatir, bibir vagina yang menghitam bisa dibuat cerah kembali atau berwarna lebih pink. Salah satunya dengan teknologi radiofrequency. Pengerjaan bibir vagina bisa dibarengi dengan mengencangkan otot vagina yang longgar.

"Pengerjaannya sekitar 20 menit. Alat itu bisa merangsang kolagenitas jaringan vagina, tanpa operasi, tanpa rasa sakit,'" kata Yeni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com