Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/12/2015, 10:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber MSN.com

KOMPAS.com - Jika kini Anda sedang menanti kehadiran sang buah hati atau telah menjadi orangtua baru dan Anda memiliki riwayat alergi terhadap jenis makan tertentu, studi yang baru saja dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah tahunan American College of Allergy, Asma dan Imunologi (ACAAI) menyarankan, ujilah beberapa makanan tertentu pada anak-anak Anda nantinya. Pasalnya, alergi makanan kemungkinan bisa menurun.

Walau kemungkinan besar menurun, jenis makanan yang bisa memicu alergi nyatanya tak melulu sama. Peneliti menemukan, orangtua yang memiliki alergi pada bulu kucing, anjing, maupun serbuk sari, ditemukan memiliki anak dengan alergi kacang.

Kasus lainnya juga ditemukan, responden yang memiliki 2 orang anak misalnya, hanya 13 persen dari saudara kandung yang memiliki alergi makanan serupa.

Dengan kata lain, saat anak pertama alergi pada telur, belum tentu anak kedua juga alergi pada telur, bisa jadi ia mengalami alergi susu sapi. Sehingga, Anda perlu melakukan uji coba makanan yang berpotensi menimbulkan alergi pada kedua anak.

Peneliti juga menyarankan bagi para orangtua dengan anak yang memiliki riwayat alergi, untuk membaca label makanan guna memastikan adakah kandungan yang bisa memicu alergi pada anak.


Setidaknya, hingga anak berusia 1-2 tahun. Anda bisa mencoba untuk memberikan makanan tersebut secara bertahap untuk melihat apakah reaksi alergi yang ditimbulkan cukup parah.

Bila menginginkan hasil yang lebih akurat tentang makanan apa saja yang mampu menimbulkan alergi, Anda bisa melakukan tes alergi dan berkonsultasi pada ahlinya.


Sebab, bukan tak mungkin reaksi yang terjadi terbilang “palsu” alias hanya terjadi saat kekebalan tubuh menurun saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com