Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2015, 17:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com – Payudara kendur merupakan salah satu masalah yang umum dialami wanita. Penyebabnya antara lain, faktor usia, masalah hormonal, hingga akibat penurunan berat badan.

Untuk mencegah payudara kendur atau membuatnya kembali kencang, banyak wanita yang akhirnya melakukan perawatan khusus. Sayangnya, banyak pula wanita yang masih percaya mitos tetang payudara kendur sehingga perawatan pun tak akan maksimal.

Berikut mitos tentang payudara kendur dan bagaimana faktanya seperti dikutip dari Boldsky.com

Merokok tidak menyebabkan payudara kendur
Ini adalah mitos. Merokok justru bisa menyebabkan payudara wanita kendur karena kandungan berbahaya dari rokok bisa memecah serat kolagen dan elastin payudara. Elastin adalah protein yang membantu kulit tetap fleksibel dan elastis. Kolagen dan elastin inilah yang menjaga payudara wanita tetap kencang.

Payudara kendur karena menyusui
Mitos ini sangat menyesatkan para wanita. Ketahuilah bahwa menyusui tidak akan menyebabkan payudara kendur. Kendurnya payudara dipengaruhi oleh perubahan hormonal pasca melahirkan. Penurunan berat badan setelah melahirkan juga bisa menyebabkan kendur.

Penggunaan bra cegah payudara kendur
Ini adalah mitos yang paling umum bahwa menggunakan bra bisa mencegah payudara kendur. Penggunaan bra tidak akan memengaruhi kencang atau tidaknya payudara wanita. Akan tetapi, menggunakan bra yang pas untuk payudara Anda  memang bisa menyokong payudara yang kendur.

Ukuran payudara kecil tidak akan kendur
Kendurnya payudara tidak ditentukan oleh ukurannya. Payudara kecil pun bisa kendur. Semua  tergantung pada  banyaknya lemak dan jaringan di payudara. JIka lebih banyak jaringan, maka lebih rentan mengalami payudara kendur.

Latihan khusus payudara cegah kendur
Ingat, tidak ada otot di payudara. Dengan begitu tidak ada latihan khusus untuk payudara agar tetap kencang. Akan tetapi, ada latihan untuk bagian dada Anda yang bisa membuat daerah payudara ikut menjadi kencang. Misalnya push up untuk mengurangi timbunan lemak berlebih di sekitar dada. Atau melakukan angkat beban untuk mengencangkan daerah sekitar dada dan payudara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com