Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2015, 12:20 WIB
KOMPAS.com – Hampir sebagian besar waktu kita dihabiskan di kantor. Tetapi, tahukah Anda bahwa lingkungan kantor juga bisa menyebabkan kita gampang sakit, selain karena tingkat stres yang tinggi. Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan agar kita tetap sehat dan produktif selama bekerja.

Menaruh tanaman
Perabot kantor dapat memancarkan senyawa organik volatil (VOC) yang berasal dari pemakaian bahan kimia selama proses pembuatan furnitur. Hal ini dapat mencemari udara yang kita hirup.

Meletakkan pot kecil berisi tanaman di kantor dapat mengurangi polusi udara di dalam ruangan kerja. Menurut  B.C "Bill" Wolverton, PHD peneliti dan penulis "Plants: Why You Can't Live Without Them, senyawa VOC akan dihancurkan oleh daun tanaman dan dipecah oleh organisme kecil yang hidup di dalam dan di sekitar sistem akar.

"Tanaman juga menghilangkan ion negatif yang bisa menghadirkan eforia kesenangan kepada kita," kata Wolverton.  Jangan sembarangan memilih tanaman untuk ditempatkan di kantor Anda. Tanaman seperti lili perdamaian, lidah mertua dan sirih gading lebih disarankan.

Melihat arah lain
Menatap layar komputer seharian mudah menyebabkan mata menjadi tegang, lelah dan kering, yang sering disebut para ahli sebagai computer vision syndrome(CVS). Mata pun terasa tidak nyaman setelah menapat komputer terlalu lama.

Kondisi CVS dialami sekitar 40 persen pekerja. Gejala tersebut sebenarnya bisa kita kurangi dengan aturan 20-20-20, yakni setiap 20 menit, lihatlah sesuatu yang berjarak 20 kaki di depan kita selama 20 detik.

Ganti peralatan kerja
Jika Anda sering merasakan pergelangan tangan, lengan bahkan siku sakit, Anda tidak sendirian. Rasa tidak nyaman di sekitar lengan dan siku merupakan keluhan umum di kalangan pengguna komputer.

Dua penyebab keluhan itu biasanya karena mouse dan keyboard tradisional yang Anda pakai. Perangkat kerja ini membuat bagian tubuh berada di posisi yang tidak alami.

Jika Anda setiap hari menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengetik di depan komputer, tak ada salahnya mengganti mouse atau keyboard Anda yang lebih baik sehingga nyaman bagi sendi.

Siasati printer
Mesin fotokopi dan printer dapat melepaskan partikel-partikel yang bisa menyebabkan peradangan saluran napas bagian atas dan masalah lainnya, terutama bagi penderita asma atau kondisi pernafasan kronis lainnya.

Jika memungkinkan, kurangi mencetak dokumen melalui printer atau memakai mesin fotokopi. Apalagi saat ini hampir semua dokumen bisa dikirimkan secara digital.

Bila Anda harus mencetak banyak dokumen, Peter Gaines, pakar bidang bioteknologi, menyarankan untuk menunggu minimal 30 menit sebelum mendekati dokumen tersebut sampai konsentrasi partikel dari kertas turun.

Bersihkan keyboard
Luangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk membersihkan keyboard Anda. Penelitian dari University of Arizona dan Kimberly-Clark menemukan bahwa keyboard menjadi salah satu barang dengan permukaan paling kotor di kantor.

Jaga hubungan baik
Selain gaji dan jenjang karier, hubungan yang baik dengan kolega kerja sangat menentukan apakah kita akan betah atau tidak di suatu kantor.

Pajang foto pribadi
Beri sedikit sentuhan pribadi di meja kerja Anda, misalnya dengan memajang foto orang tercinta, keluarga, atau foto Anda sedang berlibur. Memandang foto tersebut di sela kesibukan kerja sangat efektif meningkatkan kembali semangat kerja. (Gibran Linggau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com