Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2015, 19:56 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Ada sebuah berita di Colombia Reports tentang seorang wanita yang menggunakan kentang sebagai metode kontrasepsi. Dua minggu setelah dia memaksa kentang masuk ke dalam perutnya melalui vagina, perutnya terasa sakit dan untungnya dokter bisa mengeluarkan kentang itu.

Kita tidak tahu apakah berita itu benar atau tidak. Tapi yang jelas, ada banyak informasi mengenai metode pencegah kehamilan yang cuma berupa mitos dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Termasuk lima mitos di bawah ini. Simak juga penjelasan dari Natika H Halil, Direktur Kesehatan dan Kesejataraan di Family Planning Association, Inggris.

 

Mitos: Anda tidak akan hamil jika partner Anda ejakulasi di luar.

Ada banyak orang yang masih percaya metode ejakulasi di luar ini. Ejakulasi di luar tubuh wanita bukan metode kontrasepsi yang aman, sehingga masih mungkin menyebabkan Anda hamil.

Seorang pria yang terangsang secara seksual masih mungkin melepaskan cairan dari penisnya, bahkan tanpa mengalami orgasme. Cairan ini dikenal sebagai cairan pra-ejakulasi atau pre-cum dan   memiliki sperma di dalamnya. Peluang kehamilan memang kecil, tapi kemungkinannya tetap ada.

 

Mitos: Anda tidak akan hamil,  jika langsung berdiri dan meloncat-loncat setelah berhubungan seks.

Sperma adalah perenang yang sangat kuat dan gravitasi saja tidak akan menghentikan mereka untuk mencapai dan mencoba untuk membuahi sel telur!

Jika Anda tidak menggunakan kontrasepsi, posisi dan gerakan apapun yang Anda lakukan setelah berhubungan seks, masih memungkinkan Anda hamil.

 

Mitos: Anda tidak bisa hamil jika berhubungan seks saat haid.

Banyak wanita berpikir bahwa mereka hanya subur selama beberapa hari setiap bulan, sehingga mereka percaya bahwa mereka tidak bisa hamil selama periode haid dan di sebagian besar siklus menstruasi mereka.

Ada dua faktor yang membuat ini adalah mitos. Pertama, banyak wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, sehingga  sulit untuk mengetahui dengan pasti kapan tepatnya ovulasi terjadi.

Kedua, sperma dapat  hidup di dalam tubuh hingga tujuh hari sehingga mereka dapat berkeliaran,  siap  menunggu untuk membuahi sel telur.

 

Mitos: Anda tidak akan hamil, jika Anda segera membasuh vagina segera setelah berhubungan seks.

Membasuh bagian luar atau dalam vagina tidak akan mencegah kehamilan. Sekali lagi, sperma adalah perenang yang andal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com