Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Prosedur Cangkok Organ Rumit yang Berhasil Dilakukan Dokter

Kompas.com - 12/12/2015, 12:22 WIB
KOMPAS.com - Transplatansi ginjal, hati, bahkan jantung, kini sudah menjadi prosedur biasa dalam dunia kedokteran. Berkat kemajuan teknologi, dokter bedah kini dapat melakukan cangkok organ yang lebih luas daripada sebelumnya.

Dengan menggunakan kreativitas dan kemampuan bedah yang luar biasa, kini terbuka berbagai kemungkinan untuk dilakukannya operasi yang lebih kompleks. Berikut adalah 5 transplantasi organ yang sangat luar biasa.

1. Rahim
Dokter dari Klinik Cleveland AS mengumumkan bahwa mereka akan menjalankan cangkok rahim kepada 10 wanita yang tidak mempunyai rahim atau yang rahimnya tidak berfungsi dengan baik. Jika berhasil, ini akan menjadi tonggak penting bagi ahli bedah AS.

Sebelumnya, cangkok ini sudah di lakukan di Swedia sebanyak 9 kali. Operasi tersebut terbilang sulit karena pasien harus mengonsumsi obat anti-resistansi selama kehamilan. Namun bagi wanita yang tidak bisa punya anak, upaya ini layak dicoba.

2. Wajah
Operasi wajah bukan hanya sesuatu yang bisa terjadi di film. Di dunia nyata, dokter sudah berhasil melakukannya. Dalam operasi ini dokter menghilangkan sebagian atau seluruh wajah untuk diganti dengan jaringan yang berasal dari tubuh mayat.

Lemak, urat, tulang rawan, saraf, saraf tulang pembuluh darah, dan tulang, serta otot juga akan diganti.

Cangkok wajah parsial pertama di dunia dilakukan di Perancis tahun 2005 dan cangkok wajah seluruhnya selesai tahun 2010. Baru-baru ini, Patrick Hardison, seorang relawan pemadam kebakaran yang menderita luka bakar parah menjadi sorotan karena menjalani oprasi wajah paling luas yang pernah dilakukan.

Tim dari NYU Langone Medical Center di New York, bekerja selama 26 jam karena mengganti seluruh kulit kepala, telingadan kelopak mata Hardison.

Operasi wajah bukan hanya untuk estetika semata, namun juga untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. Selain itu juga dapat meningkatkan kemampuan fungsional, seperti penglihatan, berbicara, mengunyah, menelan dan bernapas dengan hidung.


3. Tangan
Cangkok tangan anak-anak pertama di dunia dilakukan musim panas 2015 di RS Anak Philadephia. Zion  yang berusia 8 tahun menderita infeksi serius hingga tangan dan lengannya harus diamputasi.

Tim yang berisi 40 orang, terdiri dari dokter,perawat serta staf dari operasi plastik dan rekonstruksi, bedah ortopedi, anestesiologi dan radiologi, bekerja sampai 12 jam untuk melakukan bedah ini.

Operasi dimulai dengan menghubungkan tulang, tendon, arteri, saraf, pembuluh darah dan kulit. Setelah operasi, pasien membutuhkan waktu pemulihan yang intensif sebelum menggunakan tangan hasi cangkokan.

Sebelumnya, transplantasi tangan manusia pertama berhasil dilakukan oleh sebuah tim internasional di Lyon, Perancis tahun 1998.

4. Usus
Ini merupakan transplantasi paling langka yang pernah dilakukan. Operasi ini bertujuan untuk mengobati kegagalan usus. Masalah ini biasanya muncul ketika setengah dari usus kecil telah dihilangkan karena masalah medis, meskipun gangguan seperti penyakit Crohn mungkin juga menjadi faktor.

Cangkok usus biasanya diperoleh dari pendonor yang sudah meninggal, tapi itu juga bisa dari pendonor yang masih hidup untuk memberikan sebagian ususnya. Selama prosedur, usus kecil dibedah dan diganti dengan usus donor yang sehat kemudian dihubungkan ke saluran pencernaan pasien.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com