Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2015, 16:00 WIB
KOMPAS.com - Keluarnya urine tanpa bisa kita kontrol, bahkan hanya beberapa tetes, sudah termasuk dalam kategori mengompol. Kenali apa saja penyebabnya.

Dalam dunia medis, mengompol pada orang dewasa disebut juga dengan urinary incontinence. Kondisi ini lebih banyak terjadi pada wanita berusia lanjut, walau orang yang lebih muda juga bisa mengalaminya.

Gejala utama dari urinary incontinence adalah mengeluarkan urine pada saat yang tidak diinginkan. Secara umum ada beberapa jenis gangguan ini.

- Tipe stres
Jika Anda mengeluarkan urine sedikit saat tertawa keras, batuk, bersin, atau mengangkat benda berat, berarti Anda mengalami inkontinensia tipe stres. Wanita berusia muda sering mengalami kondisi ini.

Inkontinensia stres terjadi karena otot dan jaringan di sekitar mulut kandung kemih lemah. Penyebabnya bisa karena kegemukan, cedera olahraga, pasca operasi, atau persalinan normal.

Beberapa jenis obat yang dikonsumsi bisa memperburuk kondisi mengompol ini. Pada sebagian wanita, obat darah tinggi dapat membuat otot kandung kemih rileks sehingga terjadi inkotinensia tipe stres.

- Tipe sulit menahan kencing
Bila Anda sering ingin buang air kecil tetapi tidak bisa menahannya sampai tiba di toilet, kemungkinan Anda mengalami urge incontinence. Terkadang, mendengar suara air atau habis minum, rasa ingin buang air kecil langsung muncul.

Keinginan mendadak buang air kecil bisa disebabkan oleh ketegangan pada otot kandung kemih. Pemicunya bisa karena gangguan saraf atau otot, infeksi, atau peradangan.

- Tipe kandung kemih terlalu aktif
Jika kandung kemih Anda terlalu aktif, maka Anda akan bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil. Namun, kebanyakan bisa menahannya sampai ke toilet. Masalahnya memang bukan mengompol, tapi pekerjaan jadi terganggu karena urusan ke belakang.

Konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi masalah ini. Walau tidak membahayakan jiwa, tapi mengompol tentu menurunkan kualitas hidup dan membuat kita merasa tidak percaya diri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com