Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2015, 14:00 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Anda pasti pernah mendengar pepatah Latin yang berbunyi Men sana in corpore sano atau di dalam tubuh yang sehat terdapat pikiran yang kuat (healthy mind in healthy body). Atau, pepatah dari filsuf terkenal Rene Descarte, Cogito ergo sum alias aku berpikir maka aku ada.

Dua pepatah itu, bagaimanapun juga, menggambarkan bahwa selain membutuhkan tubuh yang sehat, manusia juga memerlukan otak yang mumpuni.

Otak adalah pusat kendali gerak dan laku kita. Bahkan, gerakan yang disebut spontan sekalipun sebenarnya berasal dari perintah otak.

Otak memiliki beberapa bagian dan tiap bagiannya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Di sanalah keterampilan kita berproses dan terbentuk. Kabar baiknya, bagian-bagian otak itu bisa dilatih dengan cara yang sederhana seperti di bawah ini.

Hasil yang akan Anda dapat, beragam kemampuan Anda akan berkembang, bukan hanya kemampuan kognitif tapi juga kemampuan fisik.

 

1. Kecerdasan berbahasa

Lokasi otak: Hemisfer kiri (kebalikannya pada orang kidal)

Cara kerja: meningkatkan kemampuan bahasa hingga sampai ke tingkat seni seperti kemampuan membuat dan mengapresiasi puisi, kemampuan menulis dan bicara di depan publik.

Cara meningkatkannya: Banyak membaca, melakukan permainan kata-kata dan kosa kata.

 

2. Kecerdasan logis-matematis

Lokasi otak: Depan dan lobus parietal

Cara kerja: Mengumpulkan dan mengonsolidasikan informasi dengan cepat. Para ilmuwan, insinyur, ahli statistik adalah orang-orang yang otak depan dan lobus parietalnya aktif dan terlatih.

Cara meningkatkannya: Latihan berhitung di luar kepala (tidak menggunakan  kalkulator).

 

3. Keterampilan Tata Ruang

Lokasi otak: belahan kanan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com