Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/12/2015, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Terdapat bukti terbaru yang menghubungkan asma, hay fever, dan eksem pada masa kanak-kanak dengan masalah jantung di usia dewasa.

Alergi memang membuat anak merasa tidak nyaman. Bahkan, terkadang membuat menderita. Belum lama ini, para ilmuwan mengatakan bahwa alergi-alergi tersebut mungkin memiliki efek yang lebih besar untuk memengaruhi kesehatan anak-anak, bahkan orang dewasa sekalipun.

Alergi merupakan penyakit ketiga paling umum yang diderita anak-anak. Namun, alergi kronis dapat menyebabkan penyakit jantung di masa depan.

Menurut Dr. Jonothan Silverberg dari Northwesten University, Multidisciplinary Eczema Center, mengatakan bahwa anak-anak yang menderita asma, eksem, dan hay fever memiliki kemungkinkan untuk terserang obesitas.

Lebih buruk lagi, anak-anak dengan alergi juga berpotensi memiliki hipertensi dan kolestrol, dibandingkan dengan anak yang tidak memiliki alergi. Hal-hal tersebut merupakan faktor yang menyebabkan penyakit jantung.

Secara biologis, penyakit alergi mungkin melibatkan peradangan. Menurut Silverberg, peradangan juga terlibat dalam banyak faktor dari penyakit jantung.

“Kami tidak berpikir bahwa peradangan, alergi asma, dan eksem mengendalikan penyakit jantung. Tapi kami mulai melihat koneksi di antara keduanya,” kata Silverberg.

Anak-anak dengan alergi cenderung lebih berdiam diri dan kurang aktif secara fisik. Bila mereka banyak melakukan berbagai aktivitas, seperti keluar rumah atau melakukan olahraga, hal itu justru dapat memperburuk gejalanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com