Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Cedera Pergelangan Tangan Saat Yoga

Kompas.com - 22/12/2015, 13:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Yoga merupakan aktivitas fisik yang sangat beragam gerakannya. Jika tidak dilakukan dengan benar, pose yoga bisa menimbulkan cedera. Salah satunya adalah cedera pergelangan tangan. Sebab, tak sedikit pose yoga yang bertumpu pada bagian tangan.

Dokter Spesialis Ortopedi Konsultan Bedah Tangan dan Mikro dari RS Premier Bintaro, Tangerang Selatan Margareta Arianni mengatakan, cedera pada pergelangan tangan bisa terjadi jika tekanan pada tangan tidak merata. Misalnya, tekanan besar hanya di pangkal pergelangan tangan.

"Yang bikin cedera biasanya jika hanya menumpu di salah satu tangannya saja. Harusnya menumpu juga di ujung-ujung jari sehingga terdistribusi di seluruh telapak tangan," ujar Margareta dalam diskusi di Jakarta, Senin (21/12/2015).

Cedera pada pergelangan tangan ini rentan dialami jika tidak melakukan gerakan dengan benar. Jika belum terlatih melakukan berbagai pose yoga, sebaiknya tidak memaksakan diri atau didampingi instruktur.

Pose yoga yang bertumpu pada pergelangan tangan juga tidak disarankan dilakukan oleh penderita carpal tunnel syndrome, yaitu gangguan saraf pada lorong karpal atau jalur pada pergelangan tangan yang berfungsi untuk menggerakkan jari tangan.

Menurut Margareta, nyeri pada pergelangan tangan jangan dianggap sepele dan perlu dilakukan pemeriksaan, apalagi jika nyeri tak kunjung hilang. Meski terlihat tidak terlalu berbahaya, nyeri pergelangan tangan dapat mengganggu produktivitas.

"Bagian pergelangan tangan itu tidak sesederhana sendi lutut. Supaya pergelangan tangan berfungsi dengan baik harus ada keseimbangan kompleks antara tulang, ligamen, tandon, dan sebagainya," jelas Margareta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com