Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2015, 18:48 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Anda penggemar olahraga bersepeda? Menyukai bersepeda pada malam hari?

Bersepeda di malam hari menjadi pilihan bagi sebagian kalangan urban untuk berolahraga. Selain padatnya kesibukan di siang hari, malam dipilih sebagai waktu bersepeda untuk menghindari kulit terbakar matahari.

Bagi kesehatan, olahraga malam memiliki sejumlah kelebihan manfaat. Riset yang dilakukan Clinical Research Center di Universitas Chicago mengungkapkan hal tersebut.

“Studi itu menyebutkan bahwa mereka yang berolahraga setelah bekerja seharian lebih mungkin untuk mencapai tingkat kebugaran yang lebih tinggi ketimbang melakukan olahraga pada waktu lain,” ujar instruktur Misha Breyburg dari Six Pack Fitness. [Kompas.com, 17/12/2015].

Menurut Misha, olahraga malam juga membantu menurunkan tingkat stres dan membuat tidur malam lebih berkualitas. “Olahraga mampu membuat pikiran tenang, mengurangi perasaan cemas yang mampu memicu stres, serta membuat otot menjadi lebih lentur,” tambahnya.

Meski begitu, olahraga terlalu larut tidak disarankan. Olahraga malam yang baik memiliki jeda 1 jam sampai 1,5 jam sebelum waktu tidur. Begitu pun bersepeda. Asyiknya gowes, jangan sampai lupa waktu.

Berikut ini beberapa tips untuk bersepeda malam:

Fisik

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah fisik. Ya, lama waktu berolahraga ditentukan oleh kemampuan fisik. Bila rutin berolahraga, Anda akan mengetahui seberapa lama ketahanan fisik Anda bersepeda.

Rute

Untuk bersepeda efektif, pikirkan rute. Carilah rute ramah bagi pengendara sepeda. Beberapa ruas jalan raya sudah memiliki tanda yang dibuat khusus sebagai rute pengendara sepeda.

Kemudian, hindari rute ramai kendaraan. Selain macet, rute ramai biasanya dipenuhi polusi udara yang berasal dari kendaraan mobil dan motor.

Keamanan  

Hal penting berikutnya yang harus dicermati adalah keamanan. Selain helm dan sepatu khusus, pengendara sepeda malam harus memiliki persiapan peralatan seperti senter atau alat lain untuk penerang jalan.

Selain sebagai penerang, peralatan penerang itu juga berfungsi sebagai penanda agar terlihat oleh sesama pengguna jalan. Tak sulit mendapatkan aneka peralatan itu.

Perlengkapan tersebut bisa ditemukan di toko peralatan khusus sepeda. Alternatif lain, mencari di situs web seperti Bukalapak.comyang menyediakan aneka peranti terkait kegiatan bersepeda dengan beragam harga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com