Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Migrain atau Sakit Kepala Biasa? Ini Tanda-tandanya

Kompas.com - 28/12/2015, 13:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com – Migrain merupakan rasa sakit kepala yang berbeda dengan sakit kepala biasa. Namun, sering kali orang tidak dapat membedakannya dengan sakit kepala biasa.

Terkadang, migrain tak muncul secara tiba-tiba. Ada beberapa tanda atau gejala seseorang terkena sakit kepala migrain, meski gejala yang dialami setiap orang berbeda-beda. Berikut tujuh tanda migrain.

Sakit pada satu sisi kepala
Salah satu ciri khas migrain adalah rasa sakit hanya terjadi pada satu sisi kepala. Terasa berdenyut yang sangat menyakitkan dan terjadi sangat intens. Selain di satu sisi kepala, rasa sakit karena migrain bisa menjalar ke bagian leher.

Pusing saat melihat cahaya terang
Jika rasa sakit kepala atau pusing disebabkan oleh melihat cahaya terlalu terang seperti lampu, mendengar kebisingan atau suara keras, Anda mungkin mengalami sakit kepala migrain.  Selain itu, rasa sakit juga terjadi di salah satu mata.

Aura
Salah satu tanda akan terjadi serangan migrain adalah penderitanya seperti melihat cahaya terang, lampu berkedip, garis-garis, dan bintik-bintik. Hal ini disebut dengan aura.  

Anda akan mengalami gangguan penglihatan dan mata terasa sakit. Aura dapat berlangsung lima menit sampai satu jam sebelum serangan sakit kepala migrain terjadi.

Depresi dan mudah marah
Orang yang menderita migrain juga kerap diikuti perubahan suasana hati yang buruk. Mereka merasa depresi dan mudah marah. Gejala ini sering kali dialami bersamaan dengan sakit kepala hebat karena migrain.

Gangguan tidur
Orang yang memiliki migrain biasanya juga mengalami gangguan tidur. Migrain membuat seseorang sulit tidur nyenyak, seperti  terbangun pada malam hari, kemudian akan sulit untuk memulai tidur kembali.

Mata berair dan hidung tersumbat
Mata berair dan hidung tersumbat atau rasa tidak nyaman pada bagian hidung juga menjadi salah satu tanda Anda memiliki migrain. Sakit kepala akan terasa bersamaan dengan terjadinya gejala ini. Terkadang, orang berpikir sakit kepala karena sinus. Periksalah ke dokter untuk memastikannya.

Muntah
Sakit kepala disertai dengan muntah merupakan salah satu tanda migrain. Gejala ini mirip dengan vertigo, yaitu rasa sakit seperti berputar-putar di kepala. Jika Anda mengalami mual, lalu muntah saat sakit kepala, itu bisa jadi tanda migrain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com