Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/01/2016, 09:01 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Buat Anda yang punya resolusi hidup sehat, ada tips dari ahli fitness Adam Rosante agar niat mulia itu tercapai. Ada kalanya kita gagal di tengah jalan, namun ada cara untuk kembali ke resolusi semula.

1. Anda tidak sendiri
Anda bukan satu-satunya yang berjanji menjadi lebih langsing di tahun baru. Artinya, Anda bukan satu-satunya yang bekerja keras untuk tetap setia menjalankan tekad hidup sehat. "Resolusi yang paling lazim adalah memulai olahraga atau program diet untuk kembali langsing," kata Adam Rosante.

2. Kadang kita gagal
Anda sudah berusaha yang terbaik, tetapi kadang ada hari-hari di mana kita gagal. Hal itu normal. "Kita semua kadang keluar dari jalur menuju tujuan dari waktu ke waktu," kata Rosante.

3. Bikin tujuan yang dapat diukur
Tujuan akan sulit dicapai bila kita tak dapat mengukurnya. "Bikinlah gambaran besar tujuan itu dan uraikan menjadi langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan setiap hari. Misalnya, dengan tujuan lebih langsing, habiskan beberapa menit untuk memutuskan definisi langsing bagi Anda. Itu dapat berarti menghilangkan lemak dan menambah otot. Bisa juga berarti meningkatnya kemampuan lari menjadi semakin jauh atau cepat tanpa kehabisan napas," katanya.

4. Cari dukungan teman
Agar tetap di jalur resolusi tahun baru, bergabunglah dalam sebuah program dengan sekelompok teman untuk saling dukung. "Kuncinya adalah menyesuaikan diri dengan teman lain yang punya tujuan sama. Ketika melewati masa sulit, Anda punya teman yang memotivasi dan menginspirasi," tambah Rosante.

5. Beri hadiah untuk diri sendiri
Membuat tubuh jadi lebih langsing adalah sebuah proses yang menyenangkan. Untuk itu, berikan diri sendiri hadiah dari waktu ke waktu. "Di akhir setiap pekan, berikan diri sendiri hadiah untuk tetap setia pada tujuan. Hadiah seperti ini kadang dibutuhkan untuk bangkit dan bergerak ketika Anda merasa enggan berolahraga," saran Rosante.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com