Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2016, 12:25 WIB
KOMPAS.com - Bakteri di usus bayi berusia 6 minggu ternyata sangat terkait dengan cara ia dilahirkan dan apa yang dimakannya.

Bayi yang dilahirkan melalui persalinan normal memiliki komposisi bakteri usus yang berbeda dengan bayi yang lahir lewat operasi casear.

Penelitian ini melibatkan 102 bayi, termasuk 70 yang dilahirkan secara normal dan 32 bayi yang dilahirkan lewat operasi caesar. Dari semua bayi, 70 bayi mendapatkan ASI saja pada 6 minggu pertama, 26 diberikan susu formula dan ASi, dan 6 bayi mendapat susu formula saja.

Ketika tim peneliti melihat komposisi bakteri usus, mereka menemukan bakteri dari kelompok Bacteroides dari bayi yang lewat persalinan normal. Bakteri itu sangat penting dalam membentuk daya tahan tubuh.

Sementara itu bayi yang lahir melalui operasi caesar memiliki peningkatan level kelompok bakteri Staphylococcus dan beberapa jenis bakteri yang terkait dengan beberapa penyakit.

Bukan hanya itu, bayi yang hanya mendapat ASI sejak lahir memiliki komposisi bakteri usus yang berbeda dengan bayi yang diberi ASI dan susu formula, atau bayi yang cuma diberi susu formula saja.

Bakteri Lacococcus juga cenderung ditemukan pada bayi yang mendapatkan susu formula saja. Tetapi belum jelas apakah tipe bakteri ini berperan dalam kesehatan.

Penelitian ini memang tidak menyebutkan apakah perbedaan komposisi bakteri tersebut berpengaruh juga pada tingkat kesehatan bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com