Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/01/2016, 18:37 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com — Salah satu hal yang memesona dari David Bowie adalah keunikan matanya. Kedua mata suami supermodel Iman ini memiliki warna yang berbeda.

Warna yang berbeda pada mata kerap dikaitkan dengan kondisi heterochromia. Hal tersebut terhitung jarang terjadi pada manusia. Kondisi ini menyebabkan setiap iris mata memiliki warna berbeda. Misalnya, mata kiri berwarna biru, sedangkan mata kanan berwarna coklat.

Namun, kondisi pada mata Bowie bukanlah heterochromia. Ia menderita penyakit yang disebut anisocoria. Ini adalah kondisi yang ditandai oleh pupil yang berukuran tidak sama. Dalam kasus pria kelahiran 8 Januari 1947 ini, pupil kirinya membesar secara permanen.

Perbedaan itu menciptakan ilusi dua warna mata yang berbeda karena pupil yang terus membesar tidak merespons terhadap perubahan cahaya. Sementara itu, mata yang normal merespons.

Itu sebabnya, mata kiri Bowie tampak lebih gelap karena pupil yang membesar dibandingkan dengan mata kirinya yang biru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com