Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2016, 16:11 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Relax News

KOMPAS.com - Pemikiran bahwa punya banyak anak bisa membuat wanita terlihat lebih tua, kini telah terbantahkan oleh sebuah studi terbaru. Para peneliti mendapati, semakin banyak jumlah anak, justru bisa membuat wanita lebih awet muda, karena penuaan biologis yang kian melambat.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Simon Fraser, Kanada. Mereka melibatkan 75 perempuan adat Guatemala dan mengumpulkan data jumlah anak yang dilahirkan oleh responden.

Untuk menemukan hubungan antara jumlah anak dan tingkat penuaan biologis, peneliti menganalisa panjang sel telomere setiap wanita. Telomere merupakan sel yang terdapat di ujung setiap untai DNA berhubungan dengan penuaan dan umur panjang.

Untuk menilai panjang telomere para reponden, peneliti mengambil sampel air liur dan DNA dari bagian dalam pipi. Sampel dikumpulkan pada saat penelitian dan 13 tahun kemudian.

Studi tersebut lantas melihat hubungan langsung antara panjang telomere dan jumlah anak, hasil penelitian menunjukkan, bahwa wanita yang melahirkan anak akan memiliki telomere yang lebih panjang. Semakin panjang telomere, maka akan semakin lambat penuaan penuaan biologis.

Para peneliti percaya, bahwa hasil ini dapat dijelaskan oleh dua faktor. Pertama, ibu menerima sejumlah besar dukungan sosial dari teman dan keluarga, ini dapat membuat tubuh mencurahkan lebih banyak energi untuk menjaga dan memelihara jaringan tubuh, oleh karena itu proses penuaan biologis bisa melambat.

Meskipun tingkat dukungan adalah norma sosial bagi masyarakat di mana penelitian berlangsung, hal itu belum tentu berlaku di semua kebudayaan atau masyarakat.

Penjelasan kedua, hormon estrogen meningkat secara signifikan selama kehamilan. Para peneliti percaya hormon tersebut bertindak sebagai antioksidan. Estrogen dapat melindungi sel-sel ibu terhadap pemendekan telomere.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com