Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2016, 07:25 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

KOMPAS.com - Selain rutin berolahraga, mengurangi kalori harian seringkali menjadi hal yang menantang untuk program penurunan berat badan. Berita baiknya, menurunkan kalori makan sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah, tanpa perlu berhenti ngemil atau meninggalkan makan favorit yang cenderung berlemak misalnya. Berikut 5 tip dari para ahli.


1. Makan snack menggunakan piring, bukan dari bungkusnya.

“Melihat” adalah kunci penting dalam menjaga porsi makan. Makan snack langsung dari bungkusnya menghilangkan kesempatan Anda untuk melihat berapa keping camilan yang sudah masuk di mulut, sehingga tanpa sadar Anda sudah memakan dalam jumlah banyak.

Sebaliknya, memindahkan snack dalam sebuah piring datar akan membuatnya tampak seperti sebuah menu utama. Sehingga secara psikologis Anda akan dibuat puas, mudah kenyang, bahkan ingin berhenti walau kepingan snack masih banyak.


2. 
Gunakan piring kecil.

Banyak studi yang telah membuktikan, bahwa makan menu utama dari piring yang lebih kecil bisa membantu seseorang mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Menurut analisis terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of the Association for Consumer Research, mengurangi diameter piring sebesar 30 persen akan mengurangi jumlah makanan yang dimakan sejumlah 30 persen. Jadi, saatnya sediakan piring favorit baru dengan diameter lebih kecil untuk makan sehari-hari.


3. 
Nuansa biru.

Dalam satu percobaan, peneliti menemukan bahwa orang cenderung makan lebih banyak bila menggunakan piring dengan warna senada dengan makanan. Misalnya, menggunakan piring putih untuk makan nasi atau piring merah untuk makan pasta saus tomat.

Ini membuat para ahli diet sering merekomendasikan kliennya untuk menggunakan piring biru, karena tidak banyak makanan berwarna biru.

Menurut mereka, warna biru akan membuat makanan terlihat banyak walaupun sebenarnya tidak. Berkebalikan dengan piring putih atau merah.


4. 
Letakkan makanan segar, seperti buah dan sayur di bagian paling kelihatan di kulkas.

Usai belanja, letakkan buah dan sayur segar di bagian depan kulkas, sedang makanan olahan di bagian belakang.

Studi menemukan, makanan yang diletakkan di tempat yang mudah terlihat dan dijangkau akan lebih banyak dimakan.


5. 
Bermain Tetris.

Jika keinginan makan Anda sedang memuncak, cobalah sibukkan diri dengan bermain Tetris ketimbang hanya menahan diri dan akhirnya tergoda untuk makan.

Sebuah studi di tahun 2014 menunjukkan, bermain game bisa menurunkan perasaan ngidam makanan.

Para peneliti menjelaskan, game bisa mengalihkan fokus Anda untuk makan dan mengganggu pikiran Anda dengan sesuatu yang lain sehingga menurunkan nafsu makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com