Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin Foto Tingkatkan Motivasi Penurunan Berat Badan

Kompas.com - 23/01/2016, 09:03 WIB
KOMPAS.com- Kebanyakan orang gemuk yang malas berfoto dengan alasan tidak merasa menarik. Padahal, sering-sering berfoto diri dan membuat jurnal bisa meningkatkan motivitas program penurunan berat badan.

Pencatatan mengenai pengukuran lingkar pinggang dan juga berat badan yang dilakukan seminggu sekali, diari mengenai makanan yang diasup dan olahraga yang dilakukan, sangat membantu memantau progres program penurunan berat badan.

Selain pencatatan tersebut, ada satu hal lagi yang dapat meningkatkan motivasi seseorang mencapai target, yakni membuat foto diri seluruh badan.

"Melihat diri kita semakin lama semakin langsing adalah hadiah yang menguatkan semangat," kata Mercedes Rizo Baeza dari Universitas Alicante, Spanyol, yang mendampingi penelitian ini.

Salah satu poin penting untuk dimonitor adalah lingkar pinggang. Melihat penyusutan lingkar pinggang dalam foto merupakan pemacu semangat yang dirasakan para responden dalam penelitian ini.

"Pasien lebih menyukai foto dari pada angka-angka. Foto tersebut memberi konfirmasi visual dari kerja keras yang sudah dilakukan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com