Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Serangan Jantung pada Wanita Beda dengan Pria

Kompas.com - 26/01/2016, 13:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber TIME.com

KOMPAS.com - Ternyata serangan jantung pada wanita berbeda dengan serangan pada pria. Pada wanita serangan jantung sering terlewatkan atau sering dikira penyakit lain.

Hal ini diungkapkan dalam laporan American Heart Association (AHA). Mereka mengingatkan bahwa gejala-gejala serangan jantung pada wanita sangat berbeda dengan pria.

Wanita cenderung mengalami gejala nausea, napas pendek-pendek, nyeri rahang dan punggung dibandingkan gejala pada pria yang berupa nyeri dada menusuk. Karena itu, dalam pernyataannya AHA mengatakan dokter mungkin tidak mendiagnosa serangan jantung pada wanita sehingga menghasilkan pengobatan tak tepat.

Laporan itu mengulas bagaimana faktor risiko serangan jantung pada wanita juga berbeda. Wanita muda penderita diabetes tipe 2, misalnya, berisiko empat sampai lima kali lebih besar daripada pria.

Bukti-bukti juga kuat mengindikasikan bahwa stres psikologis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung pada wanita dibandingkan pria.

Catatan dari laporan tersebut, wanita pun kurang terwakili dalam percobaan klinis penyakit jantung. Mereka umumnya meliputi kurang lebih 20 persen dari masyarakat yang terdaftar.

Bahkan ketka wanita terlibat dalam percobaan, periset sering tidak menguraikan data berdasarkan jenis kelamin yang dapat memperdalam pemahaman ilmuwan mengenai penyakit jantung pada tubuh wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com