Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salad Kemasan Terkontaminasi Bakteri Listeria di AS

Kompas.com - 28/01/2016, 09:03 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber ABCNews

KOMPAS.com - Baru-baru ini bakteri listeria setidaknya telah menewaskan satu orang dan membuat 11 orang lainnya dirawat di rumah sakit, menurut laporan U.S. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Listeria dinyatakan telah menjadi wabah baru di AS dan mendapatkan perhatian khusus.

Banyak orang yang dinyatakan sakit akibat terkontaminasi bakteri listeria di Michigan, Massachusetts, Indiana, New Jersey, Pennsylvania, dan New York.

CDC mencatat, wabah yang terjadi kali ini dilaporkan sebagai wabah listeria yang terbesar di New York, di mana empat orang jatuh sakit.

Listeria pertama kali dilaporkan pada tanggal 5 Juli 2015, dan CDC mulai menyelidiki pada bulan September. Hingga akhir pekan lalu, 12 orang dilaporkan dirawat di rumah sakit, termasuk seorang wanita hamil, kata CDC.

Umumnya, akan cukup sulit untuk melacak makanan apa yang mengandung bakteri listeria karena masa inkubasi listeria sendiri berlangsung antara 3 hari hingga 70 hari. Bahkan, bakteri juga dapat bertahan hidup pada suhu dingin di lemari es.

Namun, lima orang yang diwawancarai oleh CDC mengatakan, mereka makan salad kemasan sebelum mereka jatuh sakit. Dua orang mengatakan mereka makan salad merek Dole salad.

The Ohio Departemen Pertanian lantas melaporkan bahwa telah ditemukan bakteri listeria dalam tes makanan dari salad kemasan merek Field Greens.

Kini, produsen Dole mengatakan, mereka telah menarik semua produk salad yang diproduksi di Springfield, Ohio. CDC pun telah menyarankan konsumen dan restoran untuk membuang salad kemasan segera.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke ABC News, para pejabat Dole mengatakan, penarikan salad dilakukan sangat hati-hati dengan pengawasan CDC maupun US Food and Drug Administration. Sehingga, perusahaan berani menekankan bahwa tidak ada produk Dole lainnya yang terkontaminasi.

CDC melanjutkan, salad kemasan yang dijual hadir dengan berbagai merek dagang, termasuk Dole, Dole, Fresh Selections, Simple Truth, Marketside, The Little Salad Bar, dan President's Choice. Salad yang dikemas dapat diidentifikasi dengan label "A" di awal kode manufaktur pada paket.

Orang yang paling berisiko terinfeksi listeria adalah anak-anak muda, orang tua, wanita hamil, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Menurut CDC, gejala listeria umumnya berupa demam, nyeri otot, sakit kepala, leher kaku, kebingungan, atau kehilangan keseimbangan.

Penyakit ini sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir mati, kelahiran prematur, atau infeksi bayi yang baru lahir.

Dari perkiraan 1.600 orang di AS yang terinfeksi listeria bakteri setiap tahun, sekitar 260 meninggal dunia karena listeriosis, menurut CDC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com