Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kenaikan Berat dengan Menimbang Setiap Hari

Kompas.com - 31/01/2016, 11:09 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Para ahli ternyata menyarankan untuk menimbang berat badan setiap hari. Dengan begitu, dalam dua tahun kenaikan berat badan kembali nyaris nol.

Sebuah studi dari Cornell University menemukan, pria dan wanita yang menimbang setiap hari tidak hanya menurunkan berat badan. Rata-rata kenaikan kembali berat badan pun mendekati nol.

Hal itu terbukti cukup besar, mengingat banyak studi membuktikan 40 persen penurunan berat badan naik kembali hanya dalam setahun. Dalam studi kecil terhadap mahasiswa, mereka yang diminta menimbang setiap hari selama 12 pekan tidak mengalami kenaikan berat badan.

Dalam studi kecil dua tahun terhadap anggota gym obesitas, mereka diminta menimbang setiap hari dan membuat grafik, hasil penurunan berat badan itu lebih besar dan mereka lebih mampu menjaga tidak naik lagi.

Tentu saja banyak ahli lain tidak menyarankan menimbang setiap hari, karena fluktuasi berat badan harian dapat mendatangkan obsesi tak sehat terhadap berat badan dan menyebabkan depresi. Khususnya pada mereka yang memiliki riwayat depresi.

Cara lain menjaga diri dari kenaikan berat badan adalah dengan merasakan baju yang makin sempit, juga level energi selama seharian dan saat olah raga. Bisa juga menggunakan fitness tracker.

Tidak ada salahnya mencoba metode ini. Cobalah menimbang setiap hari selama sebulan dan lihat apa yang terjadi. Usahakan menimbang di waktu yang sama setiap hari seperti di pagi hari setelah buang air besar dan sebelum mandi. Gunakan timbangan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com