Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2016, 09:55 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com--Public Health England menghimbau bagi para pasangan yang baru kembali dari negara-negara penyebaran virus zika, khususnya pria untuk menggunakan kondom selama 28 hari.

Himbauan ini dikhususkan bagi para pria yang menderita demam selama bepergian, atau telah didiagnosa terserang virus Zika. Langkah ini diambil setelah penyebaran virus Zika kian mengkhawatirkan di beberapa negara Amerika Selatan.

Tak hanya para pria, para wanita yang sedang mencoba memiliki anak juga dilarang untuk bepergian ke Amerika Selatan.

Professor Laura Rodrigues dari London School of Hygiene and Tropical Medicene, mengatakan, "Aku rasa masuk akal bagi seseorang yang hamil atau berencana hamil untuk menghindari bepergian ke negara-negara dengan virus Zika,"

World Health Organisatition sendiri mengatakan belum cukup bukti yang menyatakan keterkaitan virus Zika dapat ditularkan dari hubungan seksual.

Namun demikian, situs Public Health England menyebutkan penyebaran virus Zika lewat hubungan seksual telah tercatat meski angka kasus sangat sedikit, dan risiko penularan terbilang rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com