Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2016, 11:00 WIB
Michael Metekohy

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Sebuah harapan untuk melawan virus Zika datang dari India. Bharat Biotech, perusahaan farmasi asal India, mengklaim sudah memiliki dua vaksin yang kemungkinan bisa melawan virus Zika.

Krishna Ella, Managing Director Bharat Biotech menjelaskan, vaksin pertama disebut rekombinan, yang dibuat berdasarkan rekayasa genetik. Sedangkan vaksin kedua merupakan jenis vaksin yang dilemahkan. Jenis yang kedua ini akan diuji coba pada hewan dalam waktu dua minggu lagi.

Bharat Biotech sudah meneliti virus Zika sejak tahun lalu. Bersamaan dengan penelitian mengenai vaksin chikunguya dan dengue. Virus Zika memiliki kesamaan dengan virus dengue, keduanya juga disebarkan oleh nyamuk Aedes. Hal ini yang membuat Bharat Biotech cukup yakin akan keampuhan calon vaksin tersebut.

 “Ini memang sebuah petunjuk. Tapi itu belum terbukti sebagai vaksin Zika. Kami masih menganalisa keduanya dan terlalu dini untuk memberi komentar,” ujar Direktur Jenderal Indian Council of Medical Research, Soumya Swaminathan kepada Reuters (3/2/16).

Tak hanya Bharat Biotech, banyak perusahaan farmasi di seluruh dunia sedang berusaha untuk menemukan vaksin Zika. Sebut saja perusahaan farmasi asal Jepang, Takeda Pharmaceutical yang menyatakan telah membentuk tim khusus yang bertujuan menemukan cara mengalahkan virus Zika.

Pernyataan ini keluar sehari setelah perusahaan farmasi asal Perancis, Sanofi SA, mengumumkan telah memulai penelitian untuk menemukan vaksin virus Zika.

Tak mau ketinggalan, Pfizer, Johnson and Johnson, serta Merck memulai program untuk menemukan penangkal virus Zika. Merck, yang berhasil menemukan vaksin Ebola, mencoba metode yang digunakan ketika menemukan vaksin Ebola.

Paul Stoffels, Kepala Peneliti di Johnson and Johnson’s mengatakan kalau pihaknya sedang mencari teknologi yang bisa digunakan untuk membasmi virus Zika. Tapi ia mengaku belum bisa memperkirakan waktu yang diperlukan untuk menemukan vaksin Zika.

Meski saling berlomba, para peneliti yang terlibat dalam program vaksin Zika yakin kalau vaksin ini tidak akan siap dalam waktu dekat. Memproduksi vaksin yang aman,  efektif, dan dalam jumlah besar butuh waktu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com