Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2016, 17:55 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Yahoo News

KOMPAS.com - Makanan kaya karbohidrat seperti nasi putih, kentang, bahkan pisang seringkali dihindari oleh para pelaku diet, khususnya mereka yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan.

Sayangnya, tak mudah juga meninggalkan sumber karbohidrat. Tapi, tak usah khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat karbohidrat lebih sehat bagi tubuh.

Rebus nasi dengan minyak kelapa, kemudian dinginkan
Bila dimakan dalam porsi seimbang, kombinasi antara nasi putih dan lauk yang kaya protein serta lemak sehat, bisa menjadi awal penurunan berat badan yang sehat.

Lalu, bagaimana bila Anda terlanjur menghindari nasi putih, tapi juga tak menemukan kepuasan saat makan nasi merah?

Coba lakukan ini, masaklah nasi dengan minyak kelapa, kemudian dinginkan, untuk meningkatkan pati resisten hingga sepuluh kali lipat, sehingga mampu memotong setengah kalori, ketimbang memasak nasi putih hanya dengan air. Hasil tersebut didapat oleh para peneliti dari Sri Lanka’s College of Chemical Sciences.

Peneliti merekomendasikan, tambahkan satu sendok teh minyak kelapa pada air mendidih, tambahkan setengah cangkir beras putih, dan didihkan selama 40 menit, kemudian dinginkan selama 12 jam. Lalu panaskan untuk Anda makan.

Makan pisang yang tak terlalu matang
Pati resisten dianggap sebagai bentuk serat makanan, menolak untuk diserap sepenuhnya oleh tubuh Anda.

Ini berarti bahwa, makanan tinggi pati resisten dapat membantu dalam mengelola kadar gula darah dan mengurangi penyerapan kalori.

Mereka juga berpotensi meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, karena pati dapat dianggap sebagai prebiotik.

Pisang yang tak terlalu matang mengandung pati resisten lebih kuat dibandingkan dengan pisang matang, mengonsumsi pisang yang masih sedikit hijau bisa menjadi sumber kesehatan yang lebih baik.

Makan kentang yang sudah dingin
Ketika dimasak lalu didinginkan, sumber makanan bertepung dinilai lebih tinggi pati resisten ketimbang memakannya saat masih panas.

Berdasarkan studi pada pasien ileostomy yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition, kentang yang baru dimasak memiliki jumlah pati resisten lebih sedikit, lebih rendah dari kentang yang sudah didinginkan.

Untuk mendapatkan manfaat terbaik kentang, masak bersama kulitnya untuk meningkatkan serat dan asupan antioksidan. Hal ini juga dapat memperlancar pencernaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com