Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2016, 13:00 WIB
KOMPAS.com - Saat jumlah trombosit menurun maka sistem kekebalan tubuh pun ikut melemah. Akibatnya Anda menjadi tidak dapat dalam melawan penyakit. Di musim merebaknya demam berdarah dengue seperti saat ini, penting untuk mengetahui cara meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi virus.

Berikut adalah makanan penambah trombosit yang bisa Anda konsumsi agar kadar trombosit dalam darah mencukupi.

1. Kurma

Kurma tinggi akan zat besi serta nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk menambah trombosit secara alami.

2. Angkak

Dalam sebuah penelitian yang menggunakan tikus putih sebagai objeknya ternyata terbukti bahwa Angkak mampu meningkatkan jumlah tromosit secara signifikan. Karena khasiatnya inilah, Angkak dapat digunakan sebagai obat demam berdarah.

Efek Angkak pada penderita demam berdarah sangat cepat, tidak perlu menunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya. Selain menaikkan trombosit, Angkak juga menurunkan kolesterol.

3. Sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk makanan penambah trombosit karena mengandung vitamin K yang baik dikonsumsi ketika jumlah trombosit menurun. Selain bayam, kangkung, dan sayuran hijau lainnya bermanfaat untuk meningkatkan jumlah keping darah.

4. Jambu Merah

Jambu biji merah sangat kaya akan vitamin C, bahkan kandungan vitamin C-nya lebih tinggi dari buah-buah lainnya, sehingga tak heran bila buah ini sangat baik untuk mempertahankan daya tahan dan kebugaran tubuh.

5. Gandum Utuh

Konsumsi gandum utuh lebih baik daripada mengkonsumsi nasi sebagai asupan karbohidrat Anda saat sakit. Sebab gandum kaya akan serat, nutrisi, mineral, vitamin yang baik untuk meningkatkan jumlah keping darah dalam tubuh.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com