Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2016, 09:15 WIB
Michael Metekohy

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com - Seorang ibu hamil di Spanyol dinyatakan positif terinfeksi virus Zika. Ini merupakan kasus pertama pada ibu hamil yang terjadi di Eropa.

 

Ibu hamil ini beserta enam orang lainnya terinfeksi akibat kunjungannya ke Kolombia. Kolombia termasuk negara yang sedang dijangkiti virus Zika, sehingga Badan Kesehatan Dunia mengeluarkan imbauan untuk menghindari negara itu.

 

Walau positif terkena Zika, ibu yang dalam masa trimester kedua ini dinyatakan dalam kondisi baik oleh pemerintah Spanyol. Keenam orang lainnya juga dinyatakan dalam kondisi baik.

 

“Ini merupakan kasus ibu hamil terinfeksi virus Zika yang pertama di Eropa. Kasus ini masih bisa ditangani dan tidak berisiko untuk menyebar ke seantero Spanyol,” kata Kementrian Kesehatan Spanyol seperti dikutip dari Dailymail (6/2/16).

 

Meski demikian, ada kekhawatiran terjadi kelainan pada bayi yang akan dilahirkan. Untuk itu wanita berusia 41 tahun ini akan menjalani tes lanjutan untuk mengetahui kondisi janin.

 

“Kecil kemungkinan si janin terkena dampak virus ini. Tapi kami akan memastikan lebih lanjut apakah si janin berkembang dengan normal atau tidak,” ujar Joan Guix, salah satu petugas kesehatan Spanyol dalam konferensi pers.

 

Virus Zika yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti telah merambah sebagian besar Amerika Selatan. Virus ini dikaitkan dengan kasus mikrosefali pada bayi baru lahir. Di Brasil, tercatat sekitar 4000 kasus mikrosefali pada bayi baru lahir yang disebabkan oleh virus Zika. Sedangkan di Kolombia sendiri belum ada kasus mikrosefali terkait virus Zika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com