Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Memperlambat Metabolisme

Kompas.com - 09/02/2016, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Salah satu efek metabolisme melambat adalah sulitnya menurunkan berat badan. Berikut ini lima hal yang bisa memperlambat metabolisme.

1. Melupakan secangkir kopi di pagi hari.
Anda melepaskan cara yang mudah dan nikmat untuk meningkatkan pembakaran metabolism. “Kafein dapat menstimulasi sistem saraf pusat,” jelas Marisa Moore, RD,ahli nutrisi dan diet di Atlanta.

“Diperkirakan dengan minum kafein dapat meningkatkan metabolism sekitar 15 persen selama 3 jam,” lanjutnya.

Manfaat lainnya adalah menurunkan risiko penyakit kardivaskular, diabetes, penurunan fungsi kognitif, dan menurunkan risiko kematian dini.

Perbaiki dengan: Selama kafein tidak meninggalkan efek buruk seperti membuat gelisah, cobalah membuat perubahan. Mulailah mengonsumsi secangkir kopi di pagi hari. Jika Anda memiliki masalah asam lambung, kopi sehat dengan kadar kafein lebih rendah bisa dicoba. Mulailah dengan mengonsumsinya secara rutin dua minggu sekali.


2. Sarapan sereal.
Anda melakukan hal benar dengan sarapan, makan secara teratur sesuai jadwal akan menjaga metabolisme tubuh berjalan baik. Tapi, sarapan rendah protein akan mempersulit kinerja metabolisme. Dibutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna karbohidrat dan membentuk massa otot.

Perbaiki dengan: “Tambahkan 20 gram protein dalam men sarapan. Anda bisa mendapatkannya dari satu cup yoghurt Yunani rendah lemak,” saran Jessica Crandall, RD, juru bicara Akademi Nutrisi dan Diet.


3. Tidak merasa lapar setelah olahraga, sehingga Anda tidak makan.
Olahraga menghabiskan cadangan otot. Dengan mengonsumsi campuran makanan yang tepat nutrisi satu jam setelah olahraga untuk membua otot pulih dan membentuk massa otot.

Perbaiki dengan: Crandall menyarankan untuk mengonsumsi camilan yang terdiri dari 10 sampai 15 gram protein dan 15 gram karbohidrat.


4. Selalu tidur di jam yang sama setiap malam, kecuali akhir pekan.
Ini berkaitan dengan tidur sehat. Jika setiap malam Anda selalu tidur di jam yang sama secara teratur dan memenuhi kuantitas serta kualitas tidur, ini tentu sangat baik.

Tapi, jika Anda mengacaukannya sekali saja, dapat mengganggu irama sirkadian tubuh yang membantu metabolisme tubuh bergerak cepat. Hasil dari studi kecil di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism.

Perbaiki dengan: Pastikan Anda tidur di jam yang sama setiap harinya, tak terkecuali.


5. Anda sering kali terlambat menyadari bahwa tubuh kurang cairan.
Metabolisme tubuh adalah jumlah dari semua proses dalam tubuh yang menggunakan energi, pencernaan, kontraksi otot, dan sebagainya. Hidrasi memainkan peran besar dalam proses tersebut, meski tidak semua.

Jika tubuh dehidrasi, maka sistem tersbut akan melambat atau mulai bekerja kurang maksimal, yang selanjutnya juga akan memperlambat metabolism tubuh.

Perbaiki dengan: Salah satu tanda tubuh terhidrasi dengan baik adalah urin berwarna kuning muda. Ada dua cara efektif yang bisa dilakukan, nyalakan alarm ponsel untuk mengingatkan waktu minum atau selalu penuhi botol minum Anda dan letakkan di meja kerja, sehinga Anda akan selalu ingat untuk minum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com