Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Survivor" Kanker Payudara Lebih Berisiko Terkena Kanker Tiroid

Kompas.com - 09/02/2016, 16:11 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Wanita yang menjadi survivor atau penyintas kanker, baik itu kanker payudara maupun kanker tiroid, berpotensi lebih tinggi menderita kanker atau tumor jenis lain.

Evaluasi yang dilakukan oleh University of Chicago terhadap 37 hasil studi ilmiah yang telah dipublikasikan, menyebutkan bahwa survivor kanker payudara memiliki risiko 1,55 persen lebih tinggi menderita kanker tiroid dibanding wanita yang tidak menderita kanker payudra.

Sebaliknya, wanita survivor kanker tiroid berisiko 1,18 kali lebih tinggi untuk terkena kanker payudara.

"Ini ancaman yang nyata," kata penulis utama penelitian, yang juga menjabat sebagai direktur program bedah endokrin di universitas yang sama.

"Orang yang pernah menderita salah satu dari dua jenis kanker ini, harus sadar bahwa risiko mereka lebih tinggi untuk terkena kanker yang satunya lagi."

Di Amerika Serikat, dalam 30 tahun terakhir ini, jumlah penderita kanker tiroid meningkat sebanyak tiga kali lipat. Sedangkan, kanker payudara adalah jenis kanker paling umum yang diderita wanita, selain kanker leher rahim.

Para dokter harus lebih awas terhadap hubungan antara dua jenis kanker ini, kata Grogan.

Hal ini sudah selayaknya menjadi bahan diskusi antara dokter dengan pasiennya. Pasien juga harus tahu risiko ini dan mendapat jadwal pemeriksaan dini lanjutan pada waktu yang tepat, sesuai rekomendasi dokter.

Hasil evaluasi University of Chicago ini sudah dipublikasikan di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention pada 5 Februari lalu.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut, bagaimana kanker tiroid dan kanker payudara bisa saling memengaruhi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com