Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/02/2016, 16:07 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com — Konsumsi junk food atau makanan yang tidak sehat sering bisa berdampak buruk bagi tubuh. Apa sebabnya?

Peneliti ternyata menemukan molekuler bakteri yang bisa merusak tubuh di dalam junk food. Molekul yang sama juga ditemukan dalam makanan olahan, seperti daging cincang, saus pasta, dan sandwich.

Molekul itu disebut pathogen-associated molecular patterns (PAMPs). PAMPs inilah yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Peneliti utama Dr Clett Erridge dari Universitas Leicester mengatakan, ia dan timnya telah menemukan mekanisme junk food meningkatkan risiko penyakit.

PAMPs itu tumbuh selama makanan diproses. Sementara itu, pada makanan segar tidak ditemukan PAMPs atau jumlahnya lebih sedikit.

Peneliti membandingkan tingkat PAMPs pada daging potong dan daging giling. Ternyata, tingkat PAMPs lebih tinggi terdapat pada daging giling. PAMPs diduga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut peneliti, jika mengurangi junk food, dapat menurunkan 15 persen risiko diabetes tipe 2.

Dr Erridge dan timnya pernah menguji responden yang melakukan diet rendah PAMPs selama satu minggu. Hasilnya, diet rendah PAMPs memberikan efek yang sangat menguntungkan bagi kesehatan.

Jumlah sel darah putih mereka menjadi normal atau berkurang. Sebab, jika jumlah sel darah putih tinggi, maka menunjukkan risiko infeksi, stres, peradangan, alergi, dan penyakit tertentu.

Kadar kolesterol pun menurun sebanyak 18 persen setelah melakukan diet PAMPs atau mengurangi konsumsi junk food. Pada akhirnya, sukses juga menurunkan berat badan.
Untuk itu, peneliti menyarankan untuk mengurangi konsumsi makanan siap saji yang rendah gizi.

Jika mengurangi konsumsi junk food, maka dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner lebih dari 40 persen. Peneliti saat ini mencari cara untuk menghilangkan PAMPs agar makanan menjadi lebih sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com