Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2016, 12:00 WIB
KOMPAS.com - Sempat mencapai bobot 610 kilogram di usia yang belum mencapai 20 tahun, membuat Khaled Mohsen Al Shaeri tidak bisa meninggalkan tempat tidurnya selama tiga tahun.

Remaja yang tinggal di Arab Saudi itu pernah mendapat predikat remaja tergemuk sedunia. Akhirnya kini ia berhasil menurunkan berat badannya sampai 310 kilogram. Dalam sebuah video yang diposting di YouTube, ia akhirnya bisa belajar berjalan lagi untuk pertama kalinya walau masih menggunakan bantuan roda.

Di tahun 2013, Raja Abdullah dari Arab Saudi memerintahkan Al Shaeri mendapat perawatan di rumah sakit. Sejak saat itu, Al Shaeri yang kini sudah berusia awal 20-an ini menjalani berbagai terapi untuk mengurangi bobot tubuhnya.

Perawatan medis yang didapat pria muda itu tidak mudah karena Al Shaeri tidak bisa berjalan. Ia pun harus dikeluarkan menggunakan forklift dari kamarnya yang berada di lantai dua untuk dibawa ke rumah sakit di Riyadh.

Selama di rumah sakit ia menjalani berbagai program kesehatan dan kebugaran. Seluruh perawatan tersebut dibiayai oleh Raja.

Pada tahun 2014 Dr.Aa'ed al-Qahtani, kepala tim medis yang menangani Al Shaeri mengatakan kepada majalan Sayidaty bahwa pasiennya itu mulai mengalami penguatan otot. Fungsi jantung dan parunya juga semakin membaik, dan peradangan yang dialaminya menurun.

Sebuah kursi roda yang dirancang khusus membantu Al Shaeri lebih aktif bergerak. Berat badannya pun perlahan mulai menyusut.

Tim dokter yang merawatnya menjulukinya sebagai "the smiling man" karena ia selalu tampak ceria dan semangatnya untuk sembuh tetap tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com