Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sarapan Bergizi, Nilai Rapor Anak Meningkat Empat Kali Lipat

Kompas.com - 13/02/2016, 16:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sarapan sangat penting dilakukan sebelum memulai aktivitas, terutapa pada anak-anak.  Berdasarkan sejumlah penelitian, sarapan setiap hari dapat meningkatkan nilai akademik anak di sekolah.

Dokter spesialis anak bidang nutrisi dan penyakit metabolik Yoga Devaera mengungkapkan, berdasarkan penelitian dokter spesialis anak I Gusti Lanang Sidiartha dan Putu Ayu Widyanti, pada Januari 2013, kebiasaan sarapan mempengaruhi prestasi akademik anak berusia 6-12 tahun.

Hasil penelitian menunjukkan, sebanyak 51,7 persen anak-anak yang biasa sarapan pagi sebelum ke sekolah memiliki nilai rapor di atas rata-rata kelas dibanding anak-anak yang tidak sarapan.

Menurut Yoga, sarapan pun harusnya tak sekedar makan kenyang, tetapi juga bergizi atau mengandung nutrisi lengkap.

"Berdasarkan penelitian itu, sarapan yang lengkap gizi dan tidak lengkap hasilnya juga berbeda. Anak yang dapat sarapan lengkap, nilai pelajaran di atas rata-rata menjadi empat kali lipat," terang Yoga dalam acara Nestle Breakfast Cereals di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (13/2/2016).

Yoga menjelaskan, sarapan yang bergizi yaitu memenuhi komponen zat gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, serta serat dan air. Sarapan bergizi bisa membuat anak lebih berenergi saat beraktivitas dan mengoptimalkan kemampuan berpikir saat belajar.

"Ibarat mobil yang sudah dipakai seharian, tangkinya kosong. Kalau tidak diisi pagi harinya, ya tidak bisa jalan, tidak ada energi," kata Yoga.

Yoga melanjutkan, sarapan memenuhi 15-35 persen kebutuhan total energi per hari. Sarapan setiap hari juga mengoptimalkan tumbuh kembang anak menjadi leboh sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com